Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Pembangunan Jembatan Kartanegara yang menghubungan Kota Tenggarong dengan Samarinda, kata Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kutai Kartanegara, Budi Harsono, sudah mencapai 95 persen.

"Hingga pertengahan September 2015 ini, progres pembangunan Jembatan Kartanegara, sudah mencapai 95 persen," ungkap Budi Harsono, Sabtu.

Saat ini kata Budi Harsono, pekerja tengah mengerjakan pembesian atau memasang rangka untuk persiapan pengecoran lantai jembatan dengan beton K 350.

"Saat ini, pekerja sudah memasang 16 segmen rangka besi dari total 26 segmen bentang utama. Jadi, tinggal 10 segmen yang pengerjaannya terus dikebut," kata Budi Harsono.

Untuk mempercepat penyelesaian pembesian rangka cor tesebut lanjut Budi Harsono, para pekerja PT Hutama Karya, lembur hingga pukul 22.00 Wita.

Budi Harsono yang juga merupakan Pejabat Pembuat Komitemen (PPK) Jembatan Kartanegara mengatakan, jika pembesian sudah selesai, maka akan dilanjutkan tahap pengecoran.

Pengecoran lantai "Main Span" atau bentang utama Jembatan Kartanegara tambah dia, rencananaya akan dilakukan akhir September 2015 dan dijadwalkan selesai dalam waktu 10 hari.

Pengecoran kata Budi Harsono akan dilakukan langsung bersamaan dari kedua sisi baik dari Tenggarong maupun di Tenggarong Seberang.

"Nanti mulainya sama-sama di kedua sisi, sehingga akhir pengecoran bertemu di tengah-tengah jembatan. Jika tak ada kendala, pengecoran selesai 10 hari," ungkap Budi Harsono.

Setelah berumur 28 hari, cor beton tersebut akan diperiksa tim ahli dari Kementrian Pekerjaan Umum, katanya.

Menurut Budi Harsono, jika tak ada hambatan, pada November 2015 jembatan ditargetkan rampung dan akan di uji setelah tiang penyangga sementara jembatan di lepas.

"Insyaallah akhir November 2015 bisa selesai dan jembatan akan dapat digunakan setelah di uji dan menerima hasil evaluasi Tim Teknis pembangunan jembatan," ungkap Budi Harsono.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015