Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, telah menyiapkan anggaran Rp3 miliar sebagai dana pembebasan lahan untuk pembangunan bendungan di Kelurahan Semoi, Kecamatan Sepaku.

"Pada APBD 2015, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah menganggarkan Rp3 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan Bendungan Sepaku di Kelurahan Semoi," ungkap Camat Penajam, Risman Abdul, saat dihubungi di Penajam, Kamis.

"Pembebasan lahan sudah tidak ada masalah, karena 13 pemilik lahan telah menyetujui lahannya dibebaskan untuk dijadikan lokasi pembangunan bendungan tersebut," katanya.

Keberadaan bendungan Sepaku tersebut tambah Risman Abdul, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Penajam Paser Utara terlebih dahulu.

"Namun, tidak menutup kemungkinan, debit air yang dihasilkan bendung tersebut bisa menyuplai air untuk daerah di luar Kabupaten Penajam Paser Utara," ujarnya.

"Bendungan Sepaku itu nantinya diharapkan akan mempermudah masyarakat di wilayah Sepaku mendapatkan air bersih yang selama ini selalu kesulitan mendapatkan air bersih," ungkap Risman Abdul.

Rencana pembangunan bendungan tersebut kata Risman Abdul, telah mendapat persetujuan dari Kepala Bagian Pertanahan Sekertariat Daerah Penajam Paser Utara, Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umun dan

"Bendungan itu akan dibangun di lahan seluas 16 hektare dengan askes jalan sekitar 1,5 hektare yang akan menghasilkan genangan air berkisar 220 hekatre," ujar Risman Abdul.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015