Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara, menyiapkan 75 angkutan umum di Terminal Penajam, sebagai angkutan mudik lebaran.

"Sebanyak 75 angkutan umum antardaerah kami siapkan di Terminal Penajam, untuk mengangkut para pemudik yang ingin pulang kampung merayakan Idul Fitri," ungkap Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi, di Penajam, Jumat.

Ia memperkirakan, lonjakan penumpang tujuan Penajam-Tanah Grogot, Kabupaten Paser serta Penajam-Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan terjadi, sepekan sebelum Idul Fitri.

"Kami prediksi, lonjakan penumpang terjadi sama dengan tahun lalu (2014) yakni, pada H+7 atau tujuh hari sebelum lebaran. Kami sudah melakukan antisipasi dengan menyiapkan 70 unit angkutan umum tujuan Penajam-Tanah Grogot, Kabupaten Paser dan 5 unit angkutan umum tujuan Penajam-Tanjung, Kalimantan Selatan," katanya.

"Lima unit angkutan umum tujuan Penajam-Tanjung itu menggunakan plat atau nomor kendaraan Penajam Paser Utara begitupun sebaliknya, kendaraan berplat Tanjung, juga akan melayani pemudik hingga pada arus balik nanti," ungkap Buhadi.

Angkutan umum yang tersedia tersebut menurut Buhadi, diperkirakan akan mencukupi kebutuhan penumpang, karena berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Pada tahun-tahun sebelumnya terdata banyak warga yang mudik menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi," ujar Buhadi.

Bahkan pada 2014 tambahnya, terjadi penurunan penumpang di Terminal Penajam disebabkan banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, sehingga arus mudik maupun arus balik terminal sepi, dibandingkan pada 2013.

"Pada 2014, aktivitas arus mudik dan arus balik menggunakan angkutan umum menurun dibandingkan 2013, karena banyaknya warga yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung," ungkap Buhadi.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015