Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pelayaran Kalimantan sedang melakukan persiapan untuk meraih sekolah dengan akreditasi A dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yang diharapkan tercapai pada 2015.

"Kalau akreditasi A dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah lama kami miliki, tetapi kalau dari Ditjen Perhubungan Laut baru akreditasi B, sehingga tahun ini diharapkan bisa mendapat akreditasi A," kata Kepala UPTD SMKN Pelayaran Kalimantan, Samarinda, Priambodo Prakoso di Samarinda, Kamis.

Persiapan Akreditas Perhubungan (Approval) perlu dilakukan agar pihaknya bisa melakukan ujian sendiri, yakni Ujian Keahlian Pelaut (UKP) selama ini masih harus dilakukan di Surabaya.

Menurut ia, sejumlah syarat untuk bisa mendapat akreditasi A sebagian sudah dipenuhi, seperti sejumlah laboratorium praktik berbagai jenis simulator, sedangkan yang segera dilengkapi adalah "computer base training" (CBT).

Didampingi Kasi Ketarunaan SMKN Pelayaran Suswati, ia menambahkan untuk mencapai akreditasi A, terlebih dulu sekolah harus dilakukan audit, sehingga pada Juni akan dilakukan audit internal dan dilanjutkan audit eksternal pada Oktober.

Audit eksternal akan dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Laut. Apabila dalam audit tersebut SMKN Pelayaran Kalimantan dinilai layak dan mampu melakukan UPK sendiri setelah semua sarana dan prasarananya cukup, maka Ditjen Perhubungan Laut akan memberikan Akreditasi A.

"Sekolah ini disebut SMKN Pelayaran Kalimantan karena marupakan satu-satunya SMK di Kalimantan yang kredibilitasnya diakui oleh Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI," katanya.

Jumlah taruna SMKN Pelayaran Kalimantan saat ini sebanyak 310 taruna mulai kelas 1 hingga 3, terdiri dari 156 putra dan 154 putri.

Mereka memperdalam ilmu teori dan praktik pada dua jurusan yang ada, yakni Program Keahlian Nautika dan Program Keahlian Teknika.

Untuk tahun ajaran 2015/2016, lanjut dia, SMKN Pelayaran Kalimantan Samarinda akan menerima sebanyak 158 siswa. Persyaratannya antara lain tinggi badan pria minimal 156 cm dan tinggi badan putri minimal 154 cm.

Nilai rapor untuk matematika dan Bahasa Inggris rata-rata 7 dan lulus ujian nasional SMP, kemudian lulus serangkaian seleksi yang dilakukan panitia, seperti administrasi, tertulis, renang, psikotes, dan tes wawancara. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015