Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Pelari maraton senior yang sudah berusia 64 tahun, Surachman, akan ikut berlari meramaikan Balikpapan 10K yang dijadwalkan berlangsung Minggu 22/2 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Panglima sendiri yang minta Pak Surachman datang, meramaikan lomba ini," tutur Kepala Seksi Penerangan Umum Kodam VI/Mulawarman Mayor Kavaleri Baso Syukri, Rabu (18/2).

Kodam VI/Mulawarman menjadi panitia pelaksana Balikpapan 10K bersama KONI Balikpapan. Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono memimpin langsung kepanitiaan lomba lari berhadiah ratusan juta rupiah tersebut.

Surachman adalah pensiunan TNI dan pelari terkenal. Sejak pensiun, Surachman yang seangkatan dengan Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono itu sering berpartisipasi pada lomba lari di dalam dan luar negeri, baik lomba lari jarak menengah mapun jarak jauh.

Tahun 2014, Surachman antara lain mengikuti marathon ekstrem seperti Bromo 107K yang mengitari gunung-gunung di Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru. Ia juga finisher TITI 100KM Road Ultra Marathon 2014 di Hulu Langat, Kuala Lumpur.

"Panglima ingin memberi motivasi kepada para prajurit," lanjut Mayor Syukri.

Bila berlari di tempat-tempat lain Surachman jadi yang tertua, maka boleh jadi tidak demikian di Balikpapan. Ini karena para pelari lintas alam di Balikpapan juga ikut memeriahkan lomba ini. Klub-klub lari itu banyak memiliki anggota senior yang usianya bahkan lebih tua daripada Surachman.

Balikpapan 10K adalah kalender tahunan PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Balikpapan, KONI Balikpapan, dan Kodam VI Mulawarman.

Agenda ini untuk memeriahkan hari jadi Kota Minyak itu yang ditetapkan dirayakan setiap tanggal 10 Februari.

Pada peringatan tahun ini, Balikpapan 10K terbuka untuk pelari asing. Menurut Baso, sudah ada beberapa pelari dari Kenya yang mendaftarkan diri untuk turut berlomba pada hari Minggu nanti.

"Ekspatriat juga banyak," sambung Mayor Syukri.

Peserta dibagi dalam kategori umum, pelajar, dan TNI-Polri. Para pelari asing masuk kategori umum. Masyarakat bisa mendaftarkan diri di Jasdam Kodam VI/Mulawarman, di Kodim 9596 Balikpapan, dan di Sekretariat KONI Balikpapan.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015