Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemilihan alat kelengkapan dewan DPRD Kaltim sudah sampai pada klimaksnya. Pasca penetapan struktur komisi, rapat dengan agenda penyusunan struktur anggota Badan Kehormatan (BK) dilakukan di Gedung E, Kompleks Gedung DPRD Kaltim Karang Paci pada Senin (17/11).

Mengusung konsep pemilihan langsung satu anggota lima suara, delapan calon yakni Ali Hamdi, Rama Asia, Veridiana Wang, Ichruni Lufti, Andi Harun, Sutrisno Thoha, Muspandi dan Jahidin tampaknya mendapat porsi yang sama bagi anggota dewan lainnya.

"Hal ini sudah sangat demokratis bagi kita semua. Mengingat, pemilihan langsung merupakan sarana paling tepat untuk menentukan ketua BK ini," kata Ketua DPRD Syahrun selaku pimpinan rapat.

Pemilihan yang berlangsung singkat tersebut menghasilkan peraihan suara yang hampir merata bagi tiap calon. Terpilih melalui suara terbanyak, lima dari delapan calon berembuk untuk menentukan siapa yang berhak menjadi ketua BK tersebut.

"Silahkan, bagi kelima peraih suara terbanyak untuk berembuk memilih struktur ketua, wakil, dan anggota BK," lanjut Syahrun.

Terpilih selaku ketua Ali Hamdi (PKS) dibarengi wakil ketua yakni Ichruni Lufti (Demokrat), dengan susunan anggota, Veridiana Wang, Andi Harun, dan Sutrisno Thoha.

Ditetapkannya struktur BK tersebut tentu saja akan lebih mempermudah kinerja anggota dewan di masa mendatang. Ali Hamdi mengatakan, dalam tugasnya nanti, BK akan berupaya melakukan yang terbaik dengan tupoksinya yaitu memantau dan mengevaluasi disiplin anggota DPRD, meneliti dugaan pelanggaran, melakukan penyelidikan dan verifikasi atas pengaduan pimpinan DPRD atau masyarakat, dan melaporkan keputusan badan kehormatan atas hasil penyelidikan dalam rapat paripurna.

 "Maka dari itu, saya berharap pada rekan-rekan sekalian untuk mendukung kinerja alat kelengkapan dewan ini dari segala sisi. Tentu saja, ini untuk menuju struktur DPRD yang lebih baik bagi masyarakat Kaltim," tutup Ali Hamdi. (Humas DPRD Kaltim/adv/tos/oke)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014