Samarinda (ANTARA Kaltim) - Perolehan medali Kontingen Kota Balikpapan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur V, akhirnya dihapuskan oleh PB Porprov sesuai dengan surat keputusan KONI Kaltim.

Sekretaris Bidang Pertandingan PB Porprov Kaltim V Achmad Subhan di Samarinda, Selasa, mengatakan KONI Kaltim selaku pengarah dan pengawas Porprov telah memberikan jabawan surat penarikan diri kontingen Balikpapan dalam partisipasinya di even olahraga se-Kaltim tersebut.

"Kami telah menerima surat dari KONI Kaltim yang menegaskan bahwa perolehan medali Kontingen Balikpapan dianggap hangus, atau tidak mendapatkan medali," kata Subhan.

Sebelum keputusan mengundurkan diri ajang Porprov, Kontingen Balikpapan berada di peringkat ke tiga perolehan medali sementara Porprov Kaltim dengan meraih 92 emas, 97 perak dan 142 perunggu.

Namun demikian, kata Subhan, penghapusan medali yang diraih atlet Balikpapan tersebut tidak menggeser perolehan medali peserta Porprov yang lain.

 "Jadi medali Balikpapan hanya dihapuskan saja, dan tidak ada pergeseran perolehan medali akibat dicoretnya medali para atlet Balikpapan," kata Subhan.

 Imbas dari surat KONI Kaltim tersebut, kata Subhan, hanya terjadi pendongkrakan peringkat khususnya dari peringkat ke empat dan seterusnya.

"Kutai Timur yang awalnya berada di peringkat ke empat, dengan adanya penghapusan medali Balikpapan ini naik menjadi urutan ke tiga," ujarnya.

Berdasarkan data yang direkap Bidang pertandingan PB Porprov tetap menempatkan Samarinda sebagai juara umum dengan Raihan 309 emas, 179 perak dan 133 perunggu.

Peringkat kedua Kukar dengan 143 emas, 161 perak dan 169 perunggu, disusul Kutim dengan 43 emas, 65 perak. Dan 79 Perunggu.

 Peringkat ke empat diraih Bontang dengan 36 emas, 68 perak dan 120 perunggu, Selanjutnya Kubar dengan 22 emas, 38 perak dan 71 Perunggu, Berau dengan 20 emas, 29 perak dan 65 perunggu, PPU dengan 18 emas, 33 perak dan 46 perunggu, Paser dengan 4 emas, 10 perak dan 30 perunggu.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014