Pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 Muhammad Sa'bani dan Syukri Wahid memaparkan konsep penanganan banjir dalam debat terbuka calon wali kota dan wakil wali kota yang berlangsung kalak tadi.

"Masalah banjir menjadi keresahan dan kegelisahan masyarakat sehingga harus ada solusi," kata Sa'bani dalam jumpa pers di Balikpapan, Kamis.

Sa'bani menyampaikan bahwa jika pihaknya terpilih akan membenahi Kota Balikpapan melalui program yang telah disiapkan. 

Menurutnya ada dua konsep untuk membenahi masalah banjir di Kota Balikpapan yakni yang pertama air ditampung kemudian yang kedua air diresapkan.

"Ini dilakukan supaya air hujan itu mengalir ke laut," jelasnya.

Dia menjelaskan, bila ditampung artinya akan membuat kolam penampungan air, atau pembuatan Bendali.

Lanjut Sa'bani , selain banjir, dia juga bersama pasangannya melaksanakan program prioritas lainnya, dimana secara keseluruhan ada  9 program prioritas.

"Penanganan banjir itu adalah salah satunya," ujarnya.

Kemudian program prioritas lainnya adalah meningkatkan jangkauan air bersih yg selama ini menjadi keluhan masyarakat Kota Balikpapan. 

"Dalam 5 tahun  akan kita selesaikan, tentunya berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, tidak sendirian," katanya.

Program prioritas lainnya di bidang pendidikan, diantaranya untuk sekolah swasta akan di benahi serta di bantu untuk pembayarannya.

"Di bidang kesehatan kita tidak hanya sekedar gratis tapi juga lebih mudah, tidak ruwet lah yang jelas," tuntas Sa'bani.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024