Anggota Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD) Kabupaten Paser Acong Aspieyek meminta pemerintah daerah (pemda) memperhatikan kondisi jalan usaha tani (JUT) demi menggenjot pertumbuhan sektor pertanian.

“Mayoritas masyarakat di Paser adalah petani. Oleh karena itu, perbaikan JUT menjadi kebutuhan mendesak,” kata Acong, di Tanah Grogot, Senin (21/10).

Kondisi jalan mulus dan baik, menurutnya, mendorong para petani semakin banyak mengolah lahan pertanian. Petani juga lebih efisien mengangkut hasil pertanian sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

"Kalau JUT diperbaiki tentu mempermudah kita petani menjual hasil pertaniannya," ujarnya.

Baca juga: Dinas Pertanian Penajam dan TNI-Polri "bangunkan lahan tidur"

Lanjut Acong, jalan usaha tani menghubungkan lahan pertanian dengan jalan raya, maupun menghubungkan lahan pertanian dengan sumber daya pertanian seperti irigasi.

“JUT menjadi solusi untuk meningkatkan aktivitas pertanian warga setempat dan lahan pun semakin produktif, serta distribusi makin luas,” katanya.

Selain meminta perbaikan jalan pertanian, Acong juga meminta pemerintah daerah merespon keluhan petani soal ketersediaan pupuk bersubsidi dengan harga terjangkau.

“Kami berharap pemerintah daerah segera merespon aspirasi petani, selain perbaikan JUT juga memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi  serta stabilisasi harga tandan buah segar (TBS). Hal-hal itu sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Paser,” kata Acong. (Adv)

 

Pewarta: R. Wartono - Prasetya

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024