Wakil Ketua II DPRD Paser H Hendrawan Putra mengapresiasi kegiatan malam Puncak Festival Melas Taon di lapangan Gentung Temiang Kilo 5 Desa Tepian Batang yang berlangsung 15 -19 Oktober 2024.

" Tahun ini sangat jauh perkembangannya, semoga kegiatan ini ke depannya lebih besar lagi, bisa mengundang tamu dari daerah lain, “ kata Hendrawan saat menghadiri malam puncak Melas Taon, Sabtu malam (19/10).

Hadir pada festival itu, selain Hendrawan, anggota DPRD lainnya turut hadir yakni Zulkfikar Yuliskatin dan Syukran Amin. Sementara Pjs Bupati Paser diwakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  Asnawai.

Hendrawan mengatakan DPRD Paser selalu memberi dukungan terhadap acara adat Melas Taon sebab dampak dari kegiatan tersebut dapat dirasakan masyarakat.

Ia menilai Festival Melas Taon tahun ini sebagai bukti bahwa pelestarian adat dan budaya Paser masih  tetap berjalan  di era modernisasi ini. 

Kedepannya diharapkan bisa lebih besar dan meriah lagi dengan merangkul semua budaya yang ada di KabupateFestival n  Paser terutama dari Kalimantan Timur

Sekadar diketahui bahwa  Melas Taon merupakan ritual Adat Masyarakat Paser yang dipercaya untuk membersihkan alam lingkungan dan menjernihkan waktu, hari, bulan dan tahun dari pengaruh ruh jahat atau hal-hal yang tidak baik. (Adv)

 

Pewarta: R. Wartono/Prasetya

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024