Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalimantan Timur siap menyelenggarakan Jambore Relawan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Kaltim Tahun 2024.

Kepala Bidang Kebakaran Satpol PP Kaltim Robiana Hastawulan di Samarinda Jumat menjelaskan, pihaknya terus mematangkan persiapan dan menjalin bekerja sama dengan lintas sektor untuk memastikan acara jambore relawan tersebut berjalan sukses.

"Karena ini kegiatan perdana, kami meminta dukungan dari berbagai Perangkat Daerah provinsi. Damkar Kota akan membantu dalam pelatihan bantuan hidup dasar, Polri untuk penanganan situasi darurat, Rumah Sakit AWS akan menyediakan tim kesehatan, PMI dan Dinas Sosial akan menyiapkan tenda serta dapur umum, dan TNI meminjamkan velbet," kata Robiana dalam rapat finalisasi kegiatan.

Robiana menjelaskan, Jambore Relawan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan 2024 dijadwalkan berlangsung pada 18-19 Oktober 2024 di eks Bandara Temindung, Samarinda.

Kegiatan ini menjadi yang pertama kali diadakan oleh Satpol PP, dengan tujuan mempererat silaturahim sekaligus memberikan apresiasi kepada para relawan pemadam kebakaran dan penyelamatan se-Kalimantan Timur.

Diperkirakan, sebanyak 250 relawan dan peserta dari berbagai daerah akan berpartisipasi dalam acara ini.

Rapat finalisasi juga membahas detail teknis acara, termasuk penyusunan jadwal kegiatan, serta peran masing-masing instansi dalam pembukaan dan penutupan acara.

Tahap selanjutnya, akan dilakukan survei lapangan pada Senin (14/10) untuk memetakan lokasi perangkat daerah di eks Bandara Temindung.

Melalui jambore ini, para relawan diharapkan dapat mengambil banyak pelajaran serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi situasi darurat di lapangan.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024