Direktur Eksekutif  Prisma Insight Center (PIC) Arif Maulana menyebutkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Timur diproyeksi meningkat bila dibandingkan  Pilkada  2018 lalu.

“Untuk kali ini, anak muda Kaltim diprediksi akan mendukung kandidat pasangan calon Gubernur Isran Noor-Hadi Mulyadi,” kata Arif Maulana di Balikpapan.

Ia mengatakan seperti diketahui  pada 2018 lalu partisipasi pemilih ada di sekitar angka 60 persen, dan pilkada serentak 2024 mendatang, berdasarkan survei Prisma Insight Center (PIC), diproyeksi partisipasi pemilih akan meningkat menjadi sekitar 70 persen.

"Meskipun hanya dua pasangan calon di Pilkada Kalimantan Timur, namun partisipasi cenderung meningkat karena rivalitas calon Gubernur telah menarik bagi banyak warga masyarakat Kaltim," katanya.

Arif menjelaskan survei kali ini melibatkan penduduk Kalimantan Timur yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota dengan populasi sasaran adalah penduduk Kalimantan Timur yang telah menjadi pemilih saat survei dilakukan.

Menurutnya penarikan sampel sepenuhnya dilakukan secara acak menggunakan metode multistage random sampling. Penarikan sampel mempertimbangkan proporsi antara jumlah sampel dengan jumlah penduduk pada setiap Kabupaten/Kota, proporsi perempuan dan laki-laki dan kategori kota dan desa.

Lebih lanjut Arif menjelaskan bahwa jumlah sampel sebesar 1.200 responden tersebar secara proporsional di 10 kabupaten/Kota. Setelah dilakukan proses kendali mutu, data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.192 sample. Menggunakan 1.192 sample, margin of error survei ini sebesar +/- 2,84 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Dari jumlah tersebut, 14,6 persen responden adalah anak muda yang masih berstatus siswa atau mahasiswa. Dan 37,8 persen responden juga merupakan generasi muda di bawah umur 40 tahun," jelas Arif.

Lanjutnya, dari hasil survei ini terungkap kalau pasangan Isran Noor - Hadi Mulyadi unggul jauh dari pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji.

"Bisa dilihat dalam paparan survei, jika pemilihan Gubernur dilaksanakan hari ini pasangan Isran Noor - Hadi Mulyadi mendapatkan 63,2 persen jauh mengungguli pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji yang hanya memperoleh 36,3 persen," tuturnya.

Arif  menambahkan meskipun masih ada 10,5 persen lagi yang belum menentukan pilihan, namun sangat sulit bagi pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji mengungguli pasangan Isran Noor - Hadi Mulyadi.

Pewarta: Saniyya

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024