Lagu yang berjudul 'Penantian berharga' menjadi lagu penutup dalam konser Rizky Febian Adriansyah Sutisna atau yang biasa disapa Risky Febian dalam konsernya di Kota Balikpapan dalam tajuk BPN Fest 2024 yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan, di Balikpapan Sport and Convention (BSCC) Dome, Sabtu (28/9).

"Berikan senyuman yang terbaik, jadikan hari ini adalah hari yang berkesan," kata Risky Febian sebelum menutup rangkaian dengan berfoto bersama bersama para personel band nya yang menghadap ribuan pengunjung.

Dalam konser itu, penyanyi bergenre pop, dan R&B itu melantunkan sejumlah lagu populer seperti penantian berharga, ragu, hingga tua bersama hingga, serta lagu yang membawa namanya tenar yakni kesempurnaan cinta.

Sebelumnya, BPN Fest 2024 resmi dibuka oleh Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan Ahmad Muzzakir pada Kamis (26/9) malam.

BPN Fest 2024 tersebut mengusung tema 'Nusantara Creative' yang berlangsung hingga 29 September mendatang. Dia mengatakan, acara tersebut memberikan ruang bagi generasi muda, seniman, dan pelaku industri kreatif untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan bakat mereka di berbagai bidang.

"Balikpapan Fest merupakan ajang atraksi seni, budaya, dan pariwisata merupakan kali kelima penyelenggaraan. Menelan anggaran hingga ratusan juta," ungkap Ahmad Muzzakir.

Sementara itu, untuk tema yang diusung yaitu Nusantara Creative menurutnya juga sangat relevan dengan potensi besar yang dimiliki oleh kota minyak sebagai kota heterogen.

“Dengan keberagaman suku, adat, seni, dan tradisi yang kita miliki, Balikpapan dapat menjadi pusat kreativitas yang berakar pada nilai-nilai luhur nusantara, namun tetap berorientasi pada inovasi dan kemajuan zaman,” ungkapnya.

Menurut Muzaakir,  industri kreatif saat ini telah menjadi sektor yang sangat strategis dalam mendorong perekonomian, terutama di tengah tantangan era digital dan globalisasi dengan mengangkat kreativitas lokal yang berpadu dengan teknologi modern, bisa menciptakan peluang baru yang dapat memajukan sektor ekonomi kreatif di Balikpapan.

"Ini tidak hanya membuka lapangan kerja, tapi juga memperkuat identitas budaya kita di kancah nasional dan internasional," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DPOP Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma menargetkan untuk BPN Fest 2024 bisa meraih kunjungan sebanyak 20 ribu orang. Target itu lebih banyak 10 persen dibanding agenda serupa tahun lalu yakni 17 ribu orang.

"Agenda di tahun ini juga lebih lama satu hari dibanding tahun lalu," tutur Ratih.

Ratih mengemukakan, agenda ini telah dikurasi dan masuk dalam program Karisma Event Nusantara (KEN) yang  diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemneparekraf).

"Saingan untuk lolos ini cukup banyak, dan kami berhasil lolos," ucapnya.

Ratih menuturkan kegiatan tersebut merupakan kolaborasi DPOP dengan Kemenparekraf, Kemenkominfo, dan para talent, serta pelaku industri kreatif.
 
"Pada saat pelaksanaan kami didampingi Tim Deputi event Kemenparekraf," tutur Ratih.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024