Sebanyak 2.556 orang personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) diterjunkan ikut melakukan pengamanan pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur pada 27 November 2024.
 
Pemerintah kabupaten, jelas Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Paser Katsul Wijaya di Tanah Grogot, Minggu, telah mengukuhkan sebanyak.2.556 personel Satlinmas guna mendukung pengamanan pilkada.
 
Personel Satlinmas tersebut membantu TNI-Polri menjaga keamanan dan ketertiban lokasi di tempat pemungutan suara (TPS).
 
"Satlinmas punya peran membantu dalam pengamanan penyelenggaraan pilkada di TPS," katanya.
 
"Sebelum terjun ke lapangan, personel Satlinmas diberikan pembinaan dan pelatihan," tambah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paser M Guntur.
 
Tugas Satlinmas tidak hanya saat pilkada, lanjut dia, tetapi juga saat pemilihan kepala desa (pilkades) dan pemilihan umum (pemilu), serta membantu upaya pertahanan negara.
 
Diharapkan dengan diberikan pelatihan dan pembinaan kapasitas dan kemampuan personel Satlinmas Kabupaten Paser meningkat untuk pengamanan wilayah dan pilkada.
 
Personel Satlinmas dipersiapkan agar dapat mendukung pelaksanaan pilkada, serta menyukseskan pesta demokrasi tersebut berjalan lancar, aman dan kondusif, demikian M Guntur.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser menetapkan 484 TPS dalam Pilkada 2024, tersebar pada 144 desa dan kelurahan di daerah yang berjuluk Bumi Daya Taka itu.

Pewarta: R Wartono/Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024