Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Yusuf, mengharapkan pelaku usaha kecil menengah memanfaatkan aplikasi UMKM Taka Paser sebagai media promosi dan pemasaran produk usaha mereka.

“Kelebihan aplikasi tersebut dikhususkan untuk memuat produk-produk pelaku UKM di Kabupaten Paser, hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik,” katanya di Tanah Grogot, Jumat (13/9)

Saat ini, kata dia, pihaknya terus menyosialisasikan aplikasi itu kepada pelaku UMKM dan meminta mereka memanfaatkannya.

Selain itu pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian agar fitur-fitur di dalam aplikasi itu dapat dikembangkan.

Ia mengatakan sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, telah terjadi  peningkatan jumlah pelaku UKM yang memasarkan produk mereka melalui aplikasi tersebut.

Menurutnya dari 48 UMKM, saat ini sudah ada sebanyak 123 UMKM dengan 360 produk terpampang di aplikasi UMKM Taka.

Lanjutnya, kelebihan aplikasi UMKM Taka dibanding aplikasi E-Commerce lain yaitu menonjolkan produk-produk lokal daerah. Diharapkan  aplikasi UMKM Taka dapat terus berkembang seperti aplikasi E-Commerce,” ujar Yusuf.

Yusuf menuturkan sektor UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian masyarakat di Kabupaten Paser yang perlu mendapat perhatian serius.

“Untuk mendukung sektor tersebut, perlu media promosi dan pemasaran yang efektif dan efisien,” katanya.

Dia mengungkapkan sejumlah kegiatan olahraga yang dilaksanakan di Kabupaten Paser diharap dapat menjadi momen pelaku UMKM memasarkan produk-produk mereka ke masyarakat luas.

"Apalagi nanti pada tahun 2026 Kabupaten Paser akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Kaltim. Momen itu bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk promosi produk usaha.

Yusuf menambahkan Pemkab Paser telah melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Forum UMKM Kabupaten Paser tentang pemanfaatan dan penggunaan aplikasi UMKM TAKA.

“Kesepakatan dengan Forum UMKM tujuannya agar pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi UMKM Taka secara maksimal dan memudahkan masyarakat juga mengenal produk-produk pelaku UMKM di Kabupaten Paser,” ujarnya.

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024