Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Timur menggelar kompetisi menulis artikel dan video bagi mahasiswa dan pemuda Generasi Z di wilayah tersebut dengan tujuan meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam pengawasan Pilkada 2024.
 
Ketua Bawaslu Kaltim Hari Dermanto di Samarinda, Selasa, menyatakan bahwa tema utama kompetisi ini adalah "Bawaslu: Penegak Keadilan Pemilu".
 
"Kami menginginkan melalui kompetisi ini, mahasiswa dapat lebih memahami dan terlibat dalam proses pengawasan pilkada yang bersih dan berintegritas," ujarnya.
 
Kompetisi menulis artikel ini terbuka bagi mahasiswa yang terdaftar di perguruan tinggi di Kalimantan Timur.
 
Artikel yang dikirimkan harus mengangkat salah satu dari sub tema, antara lain peran masyarakat dalam pengawasan partisipatif, melawan politik uang untuk pilkada berintegritas, peran masyarakat dalam supremasi hukum pilkada, netralitas ASN dalam pilkada, serta pilkada bersih tanpa hoaks, isu SARA, dan ujaran kebencian.
 
"Pendaftaran lomba menulis artikel dibuka mulai 25 Agustus hingga 15 September 2024. Total hadiah yang disediakan mencapai jutaan rupiah," sebut Hari.
 
Selain lomba menulis artikel, Bawaslu Kaltim juga mengadakan lomba membuat konten video dengan tema yang sama. Kompetisi ini terbuka bagi pemuda berusia 17-20 tahun yang berdomisili di Kaltim.
 
"Video yang dikirimkan harus bebas dari unsur SARA dan tidak boleh mengandung watermark," jelas Hari.
 
Pendaftaran lomba video juga dibuka pada periode yang sama dengan lomba menulis artikel.
 
Hari Dermanto menambahkan, pihaknya berharap kompetisi ini dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat, khususnya mahasiswa dan pemuda, dalam menjaga integritas dan keadilan pemilu.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024