Sejumlah ibu-ibu hingga anak-anak warga Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, mengikutiupacara detik-detik proklamasi hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman kantor desa setempat.
 
"Upacara diadakan dengan mengajak warga untuk rawat nasionalisme, serta jaga jiwa Pancasila dan patriotisme," ujar Kepala Dusun 4 Sidomulyo Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku Muhammad Abid di Penajam, Sabtu, yang turut mengikuti upacara itu.

Desa Sukaraja merupakan desa yang masuk dalam Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara yang menjadi wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN). Jarak desa Sukaraja menuju lokasi upacara 17 Agustus di IKN adalah sekira 51 kilometer.
 
Upacara kemerdekaan itu diikuti sekira 55 orang warga dengan sederhana tapi tetap khidmat. Sejumlah ibu-ibu bahkan tampak menggendong bayinya sambil hormat ke arah bendera Merah Putih.
 
"Peringatan 17 Agustus bukan hanya tentang lomba dan hadiah. Hal paling penting dari upacara adalah mengenang para pahlawan dengan tujuan melanjutkan perjuangan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Abid.

Baca juga: Prabowo janji HUT RI tahun depan 2025 kembali digelar di Istana Negara IKN
 
"Kami juga berikan kupon undian kepada warga yang datang ikut upacara dan diundi pada malam hari untuk dapatkan hadiah," ujarnya.
 
Dia mengatakan upacara kemerdekaan itu juga diharapkan lebih mempererat rasa kekeluargaan dan menambah keakraban warga Desa Sukaraja.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 019 Dusun 4 Sidomulyo, Desa Sukaraja Sugianto mengatakan upacara kemerdekaan momen yang baik bagi warga karena dapat menyatukan dan saling menguatkan sesama warga.
 
Sementara, Ketua RT 017 Dusun 4 Sidomulyo, Desa Sukaraja Bagus Sarianto berharap upacara kemerdekaan di lingkungan warga diadakan setiap tahun agar semangat cinta tanah air masyarakat, terutama para pemuda tetap terjaga dan terus membara.
 
Pantauan ANTARA, Desa Wonosari dan Desa Argomulyo yang masuk kawasan IKN, serta SMK Negeri 1.di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara masuk kawasan Kota Nusantara juga menggelar upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024.

Baca juga: Warga Desa Bukit Raya antusias hadiri upacara di IKN

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024