Sangatta (ANTARA Kaltim) - PT Pupuk Kaltim Bontang Kalimantan Timur memberikan pelatihan bagi warga Teluk Kaba, Desa Sangkima Lama, Kutai Timur untuk keterampilan pembuatan rumput laut menjadi bahan makanan dan jajanan.

"Bulan Juli lali, ada tiga warga kami yang dilatih di PT Pupuk Kaltim Bontang, mereka diberikan dan diajari cara membuat dan mengola rumput laut menjadi kue dan jajanan," kata Kepala Desa Sangkima Lama, Murdoko, Rabu.

Menurut Murdoko, ketertarikan PT Pupuk Kaltim Bontang melalui program CSR untuk memberikan bantuan warga dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya didalam mengola rumput laut menjadi makanan dan kue khas yang bisa dijadikan sebagai ole-oleh.

Manajemen pupuk kaltim bontang melalui Departemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PKT, karena mereka melihat potensi rumput laut di teluk kaba sangat besar dan menjanjikan, namun tidak diolah dengan baik untuk menghasilkan pendapataan dan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Diharapkan setelah mereka selesai mengikuti pelatihan di PKT, mereka yang dilatih pun akan memberikan/membagi ilmunya kepada warga lainnya, bagaimana cara membuat makanan dan kue yang enak dengan bahan baku dasar rumput laut.

Kami yakin dengan ilmu dan keterampilan yang mereka dapatkan akan mampu memberikan pengetahuan bagi masyarakat lainnya khususnya ibu-ibu, sehingga mereka niatnya memiliki usaha dengan membentuk kelompok.

"Banyak sekali rumput laut di teluk kaba tapi hanya dijual kering saja, karena belum ada yang bisa mengola menjadi olahan makanan dan jajanan untuk menambah pendapatan ibu-ibu," katanya.(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014