Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Provinsi Kalimantan Timur berupaya mempercepat penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) tahun 2024 sebagai pondasi kepastian hukum pembangunan daerah berkelanjutan berorientasi pada perlindungan lingkungan.

Kepala DLH Provinsi Kaltim Anwar Sanusi di Samarinda, Senin, mengatakan penyusunan DIKPLHD Kaltim 2024 kini telah memasuki tahapan input penjabaran inovasi daerah dan finalisasi isu termasuk isu prioritas daerah serta berbagai kelengkapan administratif lainnya.

"Kelengkapan dokumen tersebut ditargetkan harus rampung sebelum akhir Juni 2024," jelas Anwar Sanusi.

Anwar meminta kepada seluruh pihak yang memiliki tupoksi pada penghimpunan informasi dan data yang dibutuhkan dapat memberikan data yang sesuai dan relevan.

“Data ini sangat penting. Saya selalu sampaikan tolong setiap membuat kegiatan semua harus berbasis data. Berikan informasi yang benar dan sesuai dengan lapangan sehingga memudahkan kita dalam mengevaluasi bahkan dapat menjadi faktor penting untuk pembangunan daerah kita” terangnya.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim ini juga menambahkan, prestasi Kaltim yang berhasil dalam pengurangan emisi karbon dunia juga menjadi motivasi agar semua lapisan terus berkomitmen menjaga lingkungan Bumi Etam.

“Karena dampak baiknya nanti tidak hanya akan dirasakan oleh kita di daerah, namun untuk Indonesia juga dunia” imbuhnya.

Ia menilai, DIKPLHD ini menjadi penting karena sebagai bahan informasi pengelolaan lingkungan, selain itu juga pencapaian pembangunan daerah yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan.

Tak hanya itu, pengelolaan dan terjaganya lingkungan dalam suatu daerah juga akan mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yaitu berupa Nirwasita Tantra yang diberikan kepada kepala daerah dan pimpinan DPRD atas kepemimpinan yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah..

Dengan demikian, Pemerintah Provinsi Kaltim optimis bahwa penyusunan DIKPLHD ini akan membawa daerah ini menjadi salah satu pionir dalam menjaga kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan di Indonesia.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024