Balikpapan(ANTARA Kaltim) -  Arus mudik sampai pada H-6 penumpang yang berangkat dari pelabuhan Semayang Balikpapan memperlihatkan penurunan dibanding pada arusnya mudik 2013.

"Hal tersebut terlihat jumlah penumpang pada H-7 dan H-6 tahun ini menurun dibanding tahun 2013," kata Kapolsek Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Semayang Balikpapan, Kompol Tigor Sihotang di Balikpapan, Rabu.

Jumlah penumpang yang berangkat dari pelabuhan Semayang Balikpapan sampai pada H-6 tahun 2013 sebanyak 21.395 orang, sedangkan sampai H-6 pada tahun 2014 jumlahnya 17.101 orang, katanya.

"Penurunan penumpang tersebut disebakan karena, banyaknya penumpang yang mudik sebelum memasuki masa mudik atau lebih duluan berangkat ke tempat tujuan," katanya.

Sampai pada H-5 Operasi Ketupat 2014 belum ada laporan kejadian yang serius dan masih dalam keadaan aman, katanya.

Sementara itu, Kapolsek KP3 Semayang, Kompol Tigor Sihotang mengatakan jumlah petugas gabungan di pos pengamanan Operasi Ketupat 2014 sebanyak 20 orang.

"Personel gabungan yang bertugas sebanyak 20 orang diantaranya adalah polisi, Adpel, Setkom, Orari dan Pelindo, dimana tiap hari terbagi atas tiga shift," kata Sihotang.

Sedang di Pos Kesehatan Pelabuhan di Semayang mengatakan jumlah kunjungan penumpang yang mengalami keluhan saat mudik mengalami peningkatan.

"Pada arus mudik dan arus balik 2013 jumlah kunjungan hanya 100 orang, tapi baru arus mudik hingga H-6 jumlah kunjungan ke pos kesehatan sebanyak 102 orang," kata Petugas Kesehatan Pelabuhan Semayang, Dwi Harno.

Penumpang yang berkunjung untuk memeriksakan kesehatan di Pos Kesehatan Pelabuhan kebanyakan mengeluhkan saluran pencernaan pusing, keletihan dan hipertensi, katanya.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014