Komandan Kodim (Dandim) 0902/Berau, Kalimantan Timur, Letkol Infanteri Rommi Sakti Alamsyah mengatakan, Komponen Cadangan (Komcad) merupakan bagian integral dari kekuatan militer yang siap diaktifkan dalam situasi darurat atau saat terjadi konflik.

“Kedaulatan dan keamanan negara merupakan tanggung jawab bersama, sementara Komcad memiliki peran sangat penting dalam memastikan kita siap menghadapi segala kemungkinan,” ujar Dandim Rommi dalam rilis yang dikirim Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda, Rabu.

Ia mengatakan ini saat memberikan pengarahan kepada para prajurit dan PNS di Kodim 0902/Berau tentang pentingnya Komcad dalam kekuatan pertahanan negara. Pengarahan dilakukan di aula Paraduta Makodim 0902/Berau, di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.

"Melalui kesiapan yang baik, kita dapat merespons dengan cepat dan efektif dalam melindungi negara dan masyarakat. Untuk itu, para prajurit dan PNS harus menjaga kesiapan dan profesional dalam melaksanakan tugas sebagai bagian dari pelatihan Komcad," katanya.

Dandim juga memaparkan rencana pelatihan dan persiapan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kesiapan Komcad, yakni pelatihan akan mencakup berbagai keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk bertindak efektif dalam skenario yang mungkin terjadi.

Ia menekankan tentang pentingnya kerja sama antara anggota Komcad dengan unit militer aktif, yakni untuk memastikan koordinasi yang baik dalam situasi darurat.

Pengarahan dari Dandim tersebut memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya Komcad dalam memastikan keamanan dan kedaulatan negara.

Untuk itu, para prajurit dan PNS diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam mengemban tugas sebagai bagian dari Komcad demi kepentingan bangsa dan negara.

Sebelumnya, Kolonel Arm Rudi Setiawan dari Kementerian Pertahanan, saat sosialisasi penerimaan Komcad 2024 di Aula Korem 091/ASN Samarinda mengatakan, tahun ini Kemenhan memiliki target merekrut sebanyak 1.000 anggota Komcad.

Penerimaan Komcad 2024 khusus matra darat ini dilaksanakan dua gelombang, masing-masing gelombang dengan target penerimaan 500 orang, dengan penerimaan melalui Komando Daerah Militer VI/Mulawarman yang membawahi empat wilayah, yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Ibu Kota Nusantara, dan Kalimantan Utara.

Sedangkan untuk seleksi dipercayakan kepada empat kesatuan di bawah Kodam VI/ Mulawarman, yakni Komando Rayon Militer (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma di Samarinda, Korem 101/ Antasari di Banjarmasin, Korem 092/ Maharajalila di Tanjung Selor, dan Kodim 0905/Balikpapan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024