Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wakil Ketua DPRD Kaltim Yahya Anja meminta Pemprov kaltim segera berkoordinasi terkait longsor di poros Samarinda-Kukar yang sudah terbiarkan selama beberapa bulan.

Menurutnya, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kaltim harus segera bergerak memperbaiki jalan yang setiap harinya banyak dilalui kendaraan itu.

"Jika dibiarkan akan semakin parah, Dinas PU Kaltim diminta segera melakukan perbaikan," kata Yahya.
Lebih lanjut Yahya menyebutkan, sebelumnya beberapa ruas jalan pada jalan poros Samarinda-Kukar memang beberapa kali rusak. Namun setelah diperbaiki ruas jalan yang lainnya mengalami kerusakan.

Setiap pemeliharaan dan perbaikan sudah menjadi tanggung jawab pemerintah. Jika jalan provinsi maka pemerintah provinsi yang bertanggung jawab, begitu pula jalan kabupaten/kota maupun jalan nasional yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

"Khusus untuk jalan di KM 17 Samarinda-Kukar sudah seharusnya mendapat perhatian dari pemerintah. Selain berbahaya bagi pengendara, dikhawatirkan jika tak segera diperbaiki akan semakin meluas longsornya," kata Yahya.

Lebih lanjut, politikus Demokrat ini tak ingin kondisi itu sampai memakan korban jiwa. Menurutnya jika penanganannya lamban, akan menjadi indikator kepedulian pemerintah akan fasilitas umum. Jika berlarut, tentu menjadi preseden buruk di masyarakat.

"Bukan tidak mungkin jika jalan longsor tersebut dibiarkan bisa mengakibatkan jalan terputus, jangan sampai hal itu terjadi, saya berharap segera diperbaiki secepatnya. Jika lamban, kepercayaan rakyat akan turun  apalagi itu jalan vital dan ramai dilewati. Jika itu minim tindakan entah bagaimana nasib jalan provinsi yang tingkat kepadatannya tidak seramai poros Samarinda-Kukar," harapnya. (Humas DPRD Kaltim/adv/lia/dhi/met)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014