Jumlah pengunjung Pantai Manggar, Balikpapan  b mengalami lonjakan pasca libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah bila dibandingkan dengan tahun lalu.

"Jumlah pengunjung tahun lalu  pasca libur lebaran hanya mencapai 23.250 pengunjung," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan, 
Natalie Cokorda Ratih di Balikpapan, Sabtu.

Ia mengatakan tercatat  pasca libur lebaran tahun ini hingga H+3    mencapai 17.041 pengunjung. Diperkirakan hingga akhir pasca libur lebaran  jumlah pengunjung terus meningkat, bahkan melebihi tahun sebelumnya.

 Natalie menambahkan jumlah  pengunjung Pantai Manggar pada  H+4 hingga pukul 14.00 WITA  sudah mencapai enam  ribu pengunjung.

"Jumlah itu tidak menutup kemungkinan terus bertambah," tuturnya.

Bila dijumlahkan, maka pengujung itu sudah hampir melampaui jumlah pengunjung di Lebaran tahun lalu, lebih lagi puncak libur Lebaran masih tersisa dua hari lagi.

"Puncak kemungkinan besok, dan Senin juga masih libur  jadi tidak menutup kemungkinan pengunjung terus berdatangan," ujarnya.

Natalie  menyebutkan meningkatnya jumlah pengunjung   selain faktor panjangnya cuti lebaran, juga kesiapan sarana dan prasarana Pantai Manggar yang juga telah rampung.

Menurutnya pada lebaran tahun lalu itu  masih proses perbaikan untuk pagar penghalang abrasi, jadi untuk kapasitas lokasi yang dibuka berkurang, sekarang sudah dibuka semua,

Adapun asal pengunjung sendiri beragam, tidak hanya dari Balikpapan namun juga dari Samarinda, Bontang, hingga dari Kalimantan Selatan.

Salah satunya adalah Irene Rumondor warga Samarinda yang memilih menghabiskan waktu libur lebaran di Pantai Manggar.

Irene mengaku memilih menghabiskan waktu libur di Pantai Manggar disebabkan lokasinya lebih terjangkau.

"Apalagi, dengan keberadaan Jalan Tol Balikpapan – Manggar sehingga yang lebih cepat," tuturnya.

Bila dari pintu tol Manggar menuju pantai yang dikelola Pemkot Balikpapan itu diperkirakan hanya sekitar 8,1 Kilometer.

Iren bersama keluarganya sudah tiba di pantai itu sejak pukul 7.30 wita, dan berangkat dari Samarinda sekitar pukul 06.00 wita.

"Pantai ini merupakan pilihan keluarga, setiap libur pajang mau ke pantai ya kalo tidak ke Pantai Manggar kami ke Pantai Lamaru," ujar Iren.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024