Sejumlah pos pengamanan Lebaran 2024 atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sekaligus pantauan arus mudik dan arus balik di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur tersebar di titik keramaian.
 
Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar di Penajam, Selasa, mengatakan pemerintah siap mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mulai 8 hingga 16 April 2024 dengan mendirikan pos pengamanan dan melibatkan instansi terkait.

"Pos pengamanan didirikan tersebar, seperti di pelabuhan dan terminal hingga objek wisata, sehingga masyarakat tidak perlu risau terkait pengamanan Lebaran," tambahnya.

Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, katanya   menyiapkan regulasi pendirian sejumlah pos pengamanan Lebaran itu.

Pendirian pos pengamanan sebagai upaya menciptakan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, jelas dia, saat perayaan dan libur Lebaran.

Kegiatan pengamanan Lebaran di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut dilaksanakan mulai arus mudik, Shalat Idul Fitri sampai arus balik Lebaran.

Setiap pos pengamanan terdapat petugas gabungan dengan melibatkan TNI dan Polri untuk memberikan rasa aman dan menjaga ketertiban.

"Untuk titik pengawasan petugas meliputi pelabuhan feri, kapal cepat (speedboat) dan pelabuhan klotok (kapal kayu), pasar serta objek wisata," katanya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga mendirikan pos memantau dan menangani secara darurat kerusakan ruas jalan yang dilalui pemudik.

Pemerintah  mengharapkan seluruh masyarakat ikut menjaga ketenangan dan kondusifitas di wilayah masing-masing.

Masyarakat diharapkan tidak melakukan aktivitas yang dapat mengganggu kegiatan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, demikian Tohar.(Adv)
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024