Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membangun tempat penangkaran Rusa Sambar di area perkantoran bupati, sebagai alternatif penangkaran rusa Desa Api-api di Kecamatan Waru yang telah melebihi kapasitas.

"Saat ini, kita bisa lihat banyak sekali rusa di Kantor Bupati PPU," kata Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik saat meresmikan kandang Penangkaran Rusa Sambar, di Penajam, Minggu.

Kandang penangkaran tersebut berada di belakang Kantor Bupati dan terdapat 20 Rusa Sambar. Program pembangunan penangkaran itu merupakan bantuan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Akmal mengingatkan tugas pemerintah daerah adalah melestarikan lingkungan dan menjaga ekosistem agar tetap bertahan.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu menuturkan kisah awal pembangunan kandang penangkaran rusa di belakang Kantor Bupati PPU.

Pelestarian Rusa Sambar, menurutnya, sebagai bentuk tantangan dan upaya Pemerintah Kabupaten PPU untuk menyelamatkan simbol-simbol daerah itu.

Baca juga: Kabupaten Penajam bangun penangkaran rusa sambar

Akmal meminta pemerintah kabupaten tidak hanya mengandalkan pelestarian satwa lokal oleh pemerintah provinsi, melalui unit pelaksana teknis Penangkaran Rusa Sambar Api-Api.

"Jangan hanya berani pelihara rusa-rusa besi, patung-patung, tapi harus berani memelihara dan mengembangbiakkan yang asli, rusa yang hidup," kata Akmal.

"Karena kita ditugaskan memelihara lingkungan hidup sekitar kita," ujarnya.

Akmal menegaskan alasan penangkaran Rusa Sambar di Kantor Bupati PPU, yaitu pelestarian sekaligus lokasi edukasi dan wisata bagi masyarakat Penajam terhadap satwa yang sering dikenal warga daerah sebagai "Payau" itu.

"Maknanya, kita memelihara warisan leluhur dan menjaga lingkungan, selain menyelamatkan hewan endemik Kaltim," tutupnya.

Baca juga: Akmal Malik: Penangkaran Rusa di PPU bisa jadi tujuan wisata

Peresmian penangkaran rusa di kawasan Kantor Bupati Penajam Paser Utara itu melalui penandatanganan kerja sama Pemerintah Kabupaten PPU oleh Bupati Makmur Marbun dengan Pemimpin Cabang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk oleh Mochamad Bayu Ardhika, disaksikan Pj Gubernur Akmal Malik serta Danrem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetyo.

Peresmian ditandai pemotongan pita oleh Pj Gubernur Akmal Malik dan penandatanganan prasasti oleh Pj Bupati Makmur Marbun.

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024