Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS) 143 Sangatta, Kutim, Kalimantan Timur, pada Rabu (14/2), sekaligus melakukan peninjauan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024..

"Saya bersama ibu (Siti Robiah) dan keluarga (memilih) di TPS 143," kata Ardiansyah.

Dia menggunakan kemeja biru dengan didampingi istrinya di TPS yang terletak di Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara.

Ardiansyah juga mengantre saat menunggu namanya dipanggil panitia pemungutan suara di TPS itu.

Setelah menggunakan hak pilihnya, Bupati Kutim bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau tiga TPS seperti TPS 52 di Desa Singa Gembara, Kawasan Tanjung Bara, TPS 80 di Jalan Karya Etam, dan TPS 07 di Kecamatan Sangatta Selatan.

Baca juga: KPU Kutim musnahkan 1.993 surat suara rusak

Dia menilai antusiasme masyarakat Kutim mengikuti Pemilu 2024 sangat besar. Dia meminta masyarakat selalu menjaga perdamaian dan kekeluargaan di Kutai Timur.

“Mari kita ciptakan Pemilu yang aman, damai, dan kondusif. Saya yakin partisipasi masyarakat semakin meningkat, sesuai harapan,” katanya.

Ardiansyah mengakui terdapat kendala guna meningkatkan partisipasi masyarakat Kutai Timur untuk mengikuti Pemilu 2024. Alasannya, tempat tinggal warga Kutim tidak terpusat pada satu lokasi.

“Tingkat kesulitan (meningkatkan partisipasi) di TPS tinggi, meskipun jumlah DPT per TPS sekira 157 pemilih,” ujarnya.

Namun, dia mengapresiasi kinerja penyelenggara, pengawas, aparat keamanan, peserta dan pemilih Pemilu menyusul situasi aman dan kondusif pada hari pencoblosan.

“Alhamdulillah, penyelenggaraan Pemilu secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Kondisi pemungutan suara di Kutim kondusif,” katanya.

Baca juga: Kapolda Kaltim tinjau pengamanan TPS di Kutai Timur

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024