Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) meninjau pengamanan lokasi tempat-tempat pemungutan suara (TPS) di Sangatta, Kutai Timur, jelang Pemilu 2024.

"Kami memberikan jaminan agar Pemilu di Kaltim, termasuk di Kutai Timur, akan berjalan lancar dan aman," kata Kapolda Kaltim Irjen Pol. Nanang Avianto di Sangatta, Selasa.

Dalam kunjungan itu, Kapolda Kaltim memantau empat tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Sangatta Utara. Empat TPS itu adalah TPS 79, TPS 80, TPS 69 dan TPS 70 di Kelurahan Teluk Lingga.

Nanang menilai Pemilu 2024 pada 14 Februari di Kutai Timur sudah siap digelar menyusul tinjauannya ke sejumlah TPS itu.

"Alhamdulillah, dari survei tadi, saya melihat semua kesiapan Pemilu di TPS sudah lengkap," tuturnya.

Baca juga: Kesbangpol Kutim yakin Pemilu 2024 berjalan lancar dan damai

Dia menginstruksikan personel kepolisian di wilayah Kalimantan Timur mampu meminimalisir kendala penyelenggaraan Pemilu 2024, serta memberikan rasa keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat.

"Polda, Polres hingga Polsek pastikan tugas domestik. Intinya, kami siap mengatasi semua permasalahan," kata Nanang.

Sementara, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang turut mendampingi Kapolda Kaltim dalam kunjungan itu menyampaikan peninjauan keamanan TPS menjadi sinergi pemerintah daerah dengan aparat keamanan.

“Peninjauan itu juga menjadi kolaborasi dengan berbagai pihak, agar penyelenggaraan pemilu dapat terwujud secara aman, damai dan lancar,” kata Ardiansyah.

Bupati Kutim juga meminta kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sebagai ujung tombak Pemilu agar mengedepankan integritas penyelenggaraan pesta demokrasi.

Baca juga: KPU Kutim distribusikan logistik pemilu ke 16 kecamatan

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024