Tiga pejabat fungsional widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur (BPSDM Kaltim) mendalami ilmu Hypno Public Speaking untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbicara di depan umum.
 
"Tiga orang yang diutus mengikuti pelatihan di Jakarta selama dua hari dalam pekan ini adalah saya, M Jauhar Efendi, dan Viko. Selama dua hari kami mendalami ilmu Hypno Public Speaking," kata Sugeng Chairuddin selaku Koordinator Widyaiswara di pelatihan itu, dihubungi di Samarinda, Minggu.
 
Pelatihan ini berlangsung di Hotel Asyana, Jakarta Pusat, pada 6-7 Februari 2024 dengan hanya diikuti tiga peserta, sehingga pelatihan ini seperti les privat, sedangkan sebagai pemandu adalah Mandra Gunawan dari Indonesian Hypnosis Centre.
 
Sugeng juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti Hypno Public Speaking, karena dari pelatihan ini dapat menambah pengetahuan tentang teknik baru menyampaikan materi di depan publik.
 
Sementara peserta pelatihan Viko menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi widyaiswara dalam memberikan materi kepada para peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh BPSDM, sehingga suasana pembelajaran akan semakin menggairahkan.
 
Senada dengan Viko, Jauhar Efendi yang juga peserta pelatihan menambahkan bahwa pelatihan Hypno Public Speaking ini sangat bermanfaat bagi widyaiswara dalam melaksanakan tupoksi sehari-hari sebagai fasilitator dalam kegiatan pelatihan.
 
"Materi yang disampaikan dalam pendalaman Hypno Public Speaking ini cukup banyak, antara lain cara instan mengatasi rasa takut, grogi, tidak percaya diri saat tampil, pola mengakses emosi yang diperlukan," katanya.
 
Materi lainnya teknik mengganti emosi dengan cepat dalam kondisi apapun, teknik memahami cara berpikir lawan bicara, struktur mempelajari hypnotic language yang mampu mempengaruhi dengan cepat, dan berbagai teknik lainnya.
 
"Kami juga diminta praktik langsung, yakni pada akhir pelatihan, peserta diminta untuk mempraktikkan teknik Hypno Public Speaking yang sudah dipelajari, kemudian dievaluasi tentang beberapa kelemahan yang masih ditemukan oleh pemandu," katanya.
 
Mandra Gunawan, selaku Coach dari Indonesian Hypno Centre menyampaikan bahwa pelatihan Hypno Public Speaking ini relatif baru, yakni teknik dengan memanfaatkan hipnosis agar dalam public speaking menjadi efektif.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024