Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Citilink, maskapai penerbangan berbiaya murah nasional (LCC), kembali berpartisipasi dalam gelaran Jakarta Tourism Expo (JTE) 2014 atau Gebyar Enjoy Jakarta yang akan berlangsung di Mall The Plaza Balikpapan, 22-25 Mei 2014.

JTE tersebut dimaksudkan sebagai upaya mempromosikan pariwisata ibukota Jakarta dan hal itu merupakan wujud kesetiaan Citilink dalam mendukung Jakarta Tourism Expo sejak 2010, sejalan dengan program pemerintah provinsi DKI Jakarta sekaligus sebagai ajang promosi bersama saling meningkatkan pertumbuhan industri pariwisata antar daerah.

"Dipilihnya Balikpapan sebagai salah satu kota JTE merupakan bukti bahwa kota ini terus diperhatikan, sehingga diharapkan pertumbuhan industri pariwisata dapat memberikan kontribusinya dalam pertumbuhan ekonomi daerah," kata Distric Sales Manager Citilink Balikpapan, Pramono kepada pers di Balikpapan, Kamis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2013 provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencatat angka pertumbuhan ekonomi 3,98 persen. Namun pertumbuhan ekonomi di luar sektor migas tercatat menyentuh angga 11,31 persen, yang menjadi pertanda besarnya potensi sektor selain migas dan tambang di Kalimantan Timur, termasuk pariwisata.

Dalam gelaran JTE 2014 kali ini, Citilink juga menawarkan diskon lima persen untuk seluruh rute dari dan ke Balikpapan bagi pengunjung yang membeli tiket selama pameran seperti Balikpapan-Jakarta PP (tiga kali frekuensi penerbangan sehari), Balikpapan-Surabaya PP (dua kali sehari), Balikpapan-Denpasar PP (tiga kali penerbangan seminggu), Balikpapan-Makassar PP (sekali sehari), serta Balikpapan-Yogyakarta PP (sekali penerbangan sehari).

Promo tersebut berlaku untuk periode terbang 24 Mei- 31 Agustus 2014, kecuali periode "blackout date" seperti liburan sekolah dan Idul Fitri.

Selain itu ditawarkan pula harga khusus untuk berbagai paket wisata ke Jakarta yang sudah termasuk tiket Citilink PP sehingga warga Balikpapan dapat lebih mudah mengatur perjalanan/liburannya ke berbagai tempat rekreasi modern di Jakarta seperti Kidzania, Dunia Fantasi dan Sea World Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hingga wisata budaya ke Taman Ismail Marzuki, Museum Fatahillah dan Monumen Nasional (Monas).

Citilink juga akan berpartisipasi dalam pertemuan yang melibatkan sedikitnya 100 travel agen, hotel dan resor dari DKI Jakarta dan Kaltim dengan tujuan mempertemukan keinginan masyarakat dan pelaku industri pariwisata sehingga bisa menghasilkan paket-paket wisata yang atraktif dan diminati masyarakat.

Selain Balikpapan, JTE 2014 sebelumnya telah menyambangi kota Pangkal Pinang dan Palembang, sementara itu JTE juga akan digelar di Pontianak, Manado, Solo, Makassar dan Malang,

Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah.

Berbasis di Jakarta dan Surabaya, hingga April 2014 Citilink melayani 140 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke Batam, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Ujung Pandang, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, dan Bandung.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014