Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Penajam Paser Utara 2023-2027 Arpan berjanji meningkatkan capaian prestasi olahraga di daerah berjuluk Benuo Taka itu berupa target peringkat keempat pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur 2026.

"Kami programkan pembinaan olahraga secara berkesinambungan, tanpa putus agar prestasi dapat meningkat," kata Arpan di Penajam, Selasa, tentang upaya mencapai target peringkat empat Porprov Kaltim 2026.
 
KONI Penajam Paser Utara, menurutnya, akan menggelar kejuaraan dari semua cabang olahraga yang ada. Kejuaraan itu menjadi rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun kabupaten itu pada Maret 2024.

Tujuan kejuaraan di Penajam itu adalah pencarian bibit atlet unggul untuk mengikuti Porprov Kaltim 2026.

Baca juga: Ratusan atlet sumpit berlaga pada Nusantara Sumpit Open 2023 di IKN
 
"Pembinaan olahraga bukan saja untuk meraih prestasi regional, tapi juga prestasi nasional maupun internasional," katanya.
 
Arpan mengatakan pembinaan olahraga berkesinambungan itu juga dengan penyelenggaraan kegiatan olahraga tingkat kabupaten dan kecamatan, hingga kelurahan dan desa.
 
Prestasi olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjutnya, menurun pada berbagai kejuaraan olahraga tingkat daerah, termasuk pada ajang Porprov Kalimantan Timur.
 
Pada Porprov 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara meraih peringkat kelima dan turun menjadi peringkat kedelapan pada Poprov 2022.

Baca juga: Otorita IKN cari bibit pesepak bola nasional lewat Piala Soeratin

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024