Jumlah penumpang di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan melandai setelah perayaan Natal 2023 dan jelang Tahun Baru 2024.

"Jumlah penumpang, beberapa hari terakhir setelah perayaan Natal pada 26 Desember mencapai 12-13 ribu penumpang per hari," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sepinggan Ahmad Syaugi Shahab, di Balikpapan, Kamis (28/12).

Meskipun melandai, Syaugi mengatakan jumlah penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru itu tetap lebih tinggi dibanding hari-hari lain yang mencapai 10 ribu penumpang per hari.

Sementara itu, Angkasa Pura I Bandara SAMS Balikpapan mencatat jumlah penumpang paling tertinggi terjadi pada 22-23 Desember sebanyak 17 ribu penumpang, dengan total penerbangan mencapai 305 penerbangan.

"Pada 22 Desember ada 155 penerbangan dan, 150 penerbangan pada 23 Desember. Pada hari normal paling tinggi 148 penerbangan," jelasnya.

Baca juga: Ribuan pengunjung padati Pantai Manggar saat libur Natal

Jumlah penumpang itu paling banyak merupakan penumpang yang akan meninggalkan Kota Balikpapan, atau terminal keberangkatan. Kota-kota tujuan utama penerbangan dari Bandara SAMS Sepinggan yaitu Jakarta, Surabaya, Tarakan, dan Makassar.

Angkasa Pura I memperkirakan puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru pada 28 Desember hingga 1 Januari 2024.

"Kami akan menutup posko bandara pada malam hari 2 Januari 2024," katanya.

Syauqi mengatakan lonjakan penumpang pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya karena masih ada antisipasi dampak Pandemi COVID-19.

"Fasilitas bandara sudah bertambah. Kami juga menerima komplain, selain saran dan masukan dari masyarakat lewat pusat panggilan 172 bandara. Tapi jumlah komplain, serta saran itu menurun dibanding tahun sebelumnya karena sudah ada perbaikan di terminal," katanya.

Baca juga: Bandara Samarinda catat 3.610 penumpang di puncak liburan Natal

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023