Pihak Bandara APT Pranoto Samarinda mencatat arus penumpang angkutan Natal 2023 mencapai 3.610 orang pada puncaknya yaitu tanggal 23 Desember 2023.
 
"Arus penumpang angkutan Natal tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu," ujar Kepala Seksi Teknik dan Operasi Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto, Dwi Muji kepada ANTARA di Samarinda, Rabu.
 
Dwi Muji mengatakan ada enam maskapai yang melayani penerbangan di Bandara APT Pranoto selama liburan Natal, yaitu Batik Air, Super Air Jet, Lion Air, Citilink, Susi Air, dan Smart Aviation. Rute penerbangan dengan tujuan Jakarta, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Palangkaraya, dan Tanjung Selor.
 
Pihaknya berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, otoritas bandara, kepolisian dan pihak terkait lainnya untuk memastikan pengamanan penumpang diterapkan secara ketat di bandara. 
 
Menurut Dwi Muji, selama masa angkutan Natal 2023, tidak ada kendala yang berarti dalam melayani penumpang di Bandara APT Pranoto. 
 
Ia mengapresiasi kerjasama dan kedisiplinan semua pihak yang terlibat dalam menjaga kelancaran dan keamanan operasional bandara.
 
"Kami berharap arus penumpang angkutan Natal ini dapat menjadi stimulus bagi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi di daerah ini," ujar Dwi Muji.
 
Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari COVID-19 yang saat ini kembali naik di Kaltim.
 
"Hingga saat ini kami belum mewajibkan penumpang memenuhi vaksin booster sebagai syarat penerbangan," katanya.
 
Dijelaskan Dwi Muji, belum ada himbauan dari pemerintah pusat terkait pemberlakuan protokol yang khusus untuk penerbangan di Bandara APT Pranoto Samarinda.
 
Meski demikian pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ada, seperti memeriksa suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, dan mewajibkan penggunaan masker bagi seluruh penumpang dan petugas bandara.
 
Selain itu juga pihaknya memperkirakan bahwa arus penerbangan di Bandara APT Pranoto akan meningkat pada liburan tahun baru nanti, seiring dengan permintaan masyarakat untuk bepergian.
 
"Kami siap melayani peningkatan arus penerbangan dengan tetap menjaga kualitas pelayanan dan keamanan," ujarnya.
 
Ia menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan penerbangan di Bandara APT Pranoto agar mempersiapkan dokumen perjalanan dengan baik dan datang ke bandara lebih awal.
 
"Hal itu untuk menghindari keterlambatan, menjaga dan memerhatikan barang bawaan masing-masing, dan melapor kepada petugas bandara jika ada kendala," imbau Dwi Muji.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023