Ribuan pengunjung memadati Pantai Segara atau yang biasa disebut Pantai Manggar saat libur Natal Tahun 2023  yang terletak di Jalan Mulawarman, kelurahan Manggar, kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan.

“Dari data kami yang terhitung sejak tanggal 23 hingga 25 Desember 2023 sudah mencapai 15.503 pengunjung,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan, dr.Cokorda Ratih Kusuma, di Balikpapan,Selasa (26/12).

Ia menuturkan secara rinci, pengunjung terpadat terjadi pada 24 Desember dengan total kunjungan sebanyak 7.424 orang, masing-masing 1.616 pengunjung usia anak-anak dan 5.808 merupakan pengunjung berusia dewasa.

Lanjutnya, untuk di hari sebelumnya (23/12) DPOP Balikpapan mencatat sebanyak 2.306 pengunjung masing-masing 507 usia anak dan 1.799 usia dewasa, Kemudian pada (25/12) pengunjung tercatat sebanyak 5.773 pengunjung, masing-masing 1.185 usia anak dan 4.588 usia dewasa.

“Untuk hari ini data masih belum kami terima,” tutur Ratih.

Ia menjelaskan, pada sektor pariwisata, Kota Balikpapan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga data terakhir (25/12) khususnya tempat wisata Pantai Manggar meraih pendapatan hingga Rp121.988 juta.

“Ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah, sebab untuk puncak diperkirakan pada 1 Januari 2024  mendatang,” ungkapnya.

Sementara, untuk memberikan rasa aman kepada para pengunjung Pantai Manggar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A (Basarnas Kaltim) menyiagakan puluhan personel.

"Kami bersiaga dan mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati selama liburan, kami juga bekerja sama dengan Basarnas, TNI, Polri, dan relawan lainnya untuk memantau kegiatan masyarakat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Balikpapan, Usman Ali.

Ia mengatakan, BPBD dan Basarnas melakukan pengamatan dan pengamanan dari darat dan pantai dengan menyiagakan 10 personel di setiap titik pengamatan yang ada di Pantai Manggar.

“Yang perlu diketahui pengujung selalu kami himbau, Pantai Manggar memiliki jarak aman sekitar 30 meter dari arah pantai menuju ke laut, jika ada pengunjung yang melampaui batas ini, kami akan mengingatkan karena permukaan laut di Manggar berbeda dengan laut lainnya,” terangnya.

Kasi Operasi Basarnas Basri menambahkan, Operasi pengamanan ini dimulai dari tanggal 18 Desember hingga 7 Januari 2024.

“Kami selalu siaga dengan empat regu tersebar di pantai, Bandara, Pelabuhan Semayang, dan Pelabuhan Kariangau," kata Basri.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023