Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menggenjot peningkatan kesejahteraan petani di daerah berjuluk Benuo Taka itu, salah satunya dengan memperkuat penyuluh pertanian yang dibekali berbagai pengetahuan.
 
Program pemerintah kabupaten, menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Rozihan Asward di Penajam, Kamis, harus mendukung peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.
 
Para petani, lanjutnya, telah memberikan kontribusi besar terhadap pemerintah kebutuhan pangan masyarakat Penajam sehingga kesejahteraan petani juga harus menjadi perhatian.
 
Rozihan mengatakan penyuluh pertanian di lapangan sangat berperan dalam pendampingan kepada petani. Para penyuluh perlu memiliki kompetensi pengetahuan yang mumpuni dalam bidang pertanian.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memberikan bekal penyuluh pertanian dengan berbagai pelatihan guna peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.

Baca juga: Penyuluhan pertanian cerdas menuju swasembada pangan
 
Namun, pelatihan untuk para penyuluh itu tidak terbatas hanya bidang pertanian saja, tapi juga motivasi spiritual dan keterampilan berkomunikasi.

Kemudian, penyuluh pertanian menularkan ilmu pengetahuan kepada para petani, terutama terkait teknologi pertanian, dengan menyambangi kelompok-kelompok petani.

Rozihan meminta para penyuluh pertanian bukan saja hanya memberikan pendampingan dan pengetahuan kepada petan, melainkan menjadi pemicu perubahan perilaku petani.
 
"Perilaku penyuluh pertanian di lapangan akan mempengaruhi pada petani yang biasa didampingi," katanya.

Semua upaya peningkatan kapasitas penyuluh itu akan berdampak pada peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, dan mewujudkan Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur, demikian Rozihan Asward.

Baca juga: Kominfo Kaltim ajak penyuluh pertanian manfaatkan teknologi digital

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023