Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun memberikan motivasi kepada Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) Prima Karya Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara demi mewujudkan ketahanan pangan lewat produksi pertanian.

"Kami bersyukur karena dapat memastikan para petani menerima bantuan pupuk, mesin panen, dan alat penunjang pertanian. Kami harapkan mereka mendapat manfaat dari bantuan tersebut," ujar Samsun di Kukar, Rabu.

Bantuan pertanian itu, menurut Samsun, menjadi penyemangat kelompok-kelompok tani utnuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen mereka sehingga kapasitas pangan Benua Etam dapat terbangun secara kokoh.
 
Legislator daerah pemilihan Kukar itu mengatakan bantuan pertanian bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten serta bantuan keuangan dari Provinsi Kaltim.
 
"Semoga masyarakat kita, terkhusus di Kukar semakin sejahtera. Pembangunan semakin dirasakan dan bermanfaat," katanya.

Baca juga: Legislator Kaltim ajak penjabat gubernur tinjau pertanian Berau-Kutim-Bontang

Samsun meminta kelompok tani penerima bantuan agar menjaga peralatan dan menggunakan bantuan yang diberikan secara optimal.
 
Bantuan itu, menurutnya, merupakan wujud komitmen sebagai wakil rakyat Kaltim untuk memajukan sektor pertanian daerah.
 
"Kami sebagai wakil rakyat tentu ingin melihat petani kita berdiri di atas kaki sendiri. Kami juga ingin Kaltim bisa menjadi lumbung pangan yang mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, khususnya mempersiapkan migrasi besar-besaran dampak Ibu Kota Negara (IKN)," ujarnya.
 
Politikus PDI Perjuangan itu berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani dan tidak disalahgunakan. Ia juga mengimbau petani untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas pertanian.
 
Selain penyerahan bantuan pertanian, dia juga memeriksa jalan desa yang baru saja dicor di wilayah RT 14 Desa Suka Maju, Tenggarong Seberang.

Baca juga: Pemprov Kaltim bangun lahan pertanian di asrama haji Balikpapan
 
Dia mengapresiasi kinerja Gapoktan Prima Karya karena berkontribusi dalam meningkatkan produksi padi di Desa Suka Maju.
 
"Gapoktan Prima Karya itu merupakan salah satu gapoktan berprestasi di Kukar," kata Samsun.
 
Pada penyerahan bantuan penunjang pertanian kepada Gapoktan Prima Karya Desa Suka Maju, Samsun didampingi Bupati Kukar Edi Damansyah beserta rombongan, disambut dengan pagelaran budaya oleh masyarakat setempat. (Adv/DPRD Kaltim)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023