Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan menggelar sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah  (Raperda) tentang penerapan Kota Layak Anak (KLA).

“Kegiatan ini digelar untuk mencari masukan terhadap draft Raperda sebelum diserahkan ke legislatif,” kata Kabid Perlindungan Anak DP3AKB Kota Balikpapan Umar Adi di Balikpapan, Rabu.

Ia mengatakan dalam sosialisasi tersebut DP3AKB  Balikpapan melibatkan pihak kecamatan yaitu Kecamatan Kecamatan Balikpapan Selatan,  Balikpapan Timur, Balikpapan Tengah, Balikpapan Barat dan Utara.

Umar Adi  menuturkan pihaknya melibatkan kecamatan tujuannya draf Raperda  disusun  bisa mengakomodir  sejumlah permasalahan anak , targetnya  adalah untuk mewujudkan kota layak anak atau bahasa lainnya  kota ramah untuk anak.

Menurutnya, pihaknya sengaja melibatkan kecamatan karena  masing-masing kecamatan  berbeda-beda karakternya, baik secara kewilayahan maupun kependudukannya.

Dalam penyusunan draft Raperda  nantinya mendapat masukan untuk merumuskan, penyusunan Raperda  KLA.

Umar Adi   mengatakan ada  beberapa  masukkan  diantaranya  pendampingan hukum terhadap anak baik kepada pelaku maupun korban.

Kemudian dalam penyediaan fasilitas ruang-ruang ramah anak, dengan harapan diantaranya Mall bisa menyediakan ruang bermain bagi anak secara gratis. Ataupun penyediaan ruang bermain anak di ruang publik, saat ini ketersediaannya masih terbatas.

“Termasuk penyediaan fasilitas bagi anak-anak yang putus sekolah, dalam hal siapa yang bertanggung jawab, apapun terkait pendidikan rumah perlindungan bagi anak,” katanya.

Umar Adi  mengatakan  tahapan sosialisasi  tersebut  merupakan tahapan terakhir, yang akan dilanjutkan dengan revisi draft Raperda yang sudah ada, untuk dirapikan dengan melibatkan bagian hukum sebelum diserahkan kepada DPRD Kota Balikpapan.

“Ditargetkan pembahasan Raperda Kota Layak  Anak  ini bisa selesai  pada awal tahun 2024 mendatang,” katanya.

Umar Adi  menambahkan penyusunan Raperda itu juga  dilakukan  melihat kondisi Kota Balikpapan yang saat ini sebagai penyangga ibu kota Negara (IKN) dan Kota Balikpapan saat ini sudah ditetapkan dalam kategori utama Kota Layak Anak (Adv).
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023