Ketua Kwartir Cabang  (Kwarcab) Pramuka  Balikpapan H. Muhaimin melantik sebanyak 30 anggota Pramuka Garuda di halaman Kantor Pemerintahan Kota (Pemkot) Balikpapan.

”Untuk meningkatkan kemampuan pramuka mereka  yang dilantik  telah lulus  melalui ujian yang dilakukan pembina untuk dapatkan predikat Pramuka Garuda,” kata Muhaimin di Balikpapan yang disaksikan pengurus Kwarcab dan Kepala sekolah sebagai  pembina di masing-masing sekolah baik pramuka siaga, penggalang dan penegak.

Ia mengatakan pelantikan Pramuka Garuda sebagai tanda bahwa Pramuka telah mendarah daging atau menyatu di kalangan generasi muda Kota Balikpapan.

Muhaimin berharap dengan dilantiknya 30 anggota Pramuka  menjadi  Pramuka Garuda dapat memotivasi  dan mendorong anggota-anggota pramuka lainnya untuk giat mengikuti kepramukaan khususnya yang di sekolah-sekolah.

” Khususnya yang di sekolah-sekolah karena ini kan ekstra kurikuler wajib makanya kita hadirkan sejumlah  kepala sekolah disini, ” katanya.

Ia menjelaskan untuk meningkatkan keterampilan Pramuka  maka harus  lulus dengan berbagai ujian dari para pembina pramuka untuk bisa mendapatkan predikat Pramuka Garuda

“Diharapkan dengan mereka menjadi anggota Pramuka Garuda bisa memotivasi dan mendorong anggota-anggota pramuka yang lain untuk giat dan turut serta berpartisipasi dalam kegiatan pramuka, khususnya di sekolah,” terangnya.

Muhaimin menyebutkan kegiatan pramuka  menjadi ekstra kurikuler wajib  dilaksanakan di sekolah-sekolah. Kepada pelajar yang lain baik SD, SMP dan SMK untuk bisa ikut dalam kegiatan pramuka.

“Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani,” katanya.

Sementara pelantikan anggota Pramuka Garuda  berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan tersebut  disaksikan pengurus Kwarcab dan Kepala sekolah  dan para  pembina dari masing-masing sekolah.(Adv)

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023