Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan Ratih Kusuma optimis dari retribusi tempat wisata Pantai Manggar memberikan kontribusi  terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp5 miliar.

Hal itu diungkapkannya  pada saat menjadi pembicara pada workshop perhotelan dan pariwisata gelaran BPC PHRI Balikpapan, bahwa bisnis perhotelan memberi andil terhadap PAD Balikpapan.

"Saat ini tempat wisata Pantai Manggar sudah menghasilkan Rp4 miliar, diharapkan hingga akhir tahun 2023 akan mencapai Rp5 miliar, sedangkan target 2024 masih kami tunggu," kata Ratih di Balikpapan, Jumat.

Ia mengatakan semakin menggeliatnya tingkat kunjungan wisatawan ke Balikpapan terkait  momen perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) membuat kontribusi  PAD dari sektor pariwisata juga meningkat.

Terutama kunjungan ke beberapa destinasi  wisata di Balikpapan  yang di yang dikelola oleh Disporapar.

"Pendapatan terbesar dari Pantai Manggar. Tempat  wisata alam yang berada di Balikpapan Timur itu  terus dipercantik, berbagai fasilitas, sarana-prasarana," jelasnya.

Selain itu juga tempat-tempat  wisata baru terus tumbuh di Kota Minyak, sehingga semakin banyak pilihan bagi wisatawan  untuk berkunjung. Wisatawan juga diharapkan bisa stay lebih lama, dari itu diperlukan pengembangan pariwisata termasuk dengan melakukan kolaborasi lintas daerah.

“Disporapar  juga terus menjajaki  potensi wisata Pulau Balabalagan sebagai ecowisata,” kata Ratih.

Sementara Ketua DPRD Kota  Balikpapan Abdulloh saat menjadi keynote speaker pada workshop gelaran BPC  PHRI Balikpapan mengatakan terjadinya peningkatan PAD Balikpapan  saat pasca pandemi COVID-19  dan berlanjut  setelah adanya  penetapan IKN di Kaltim.

"Alhamdulillah penetapan IKN membawa dampak positif, dimana Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN, PAD  meningkat  dari  Rp650 miliar naik menjadi Rp 800 miliar,” katanya.

 Abdulloh menambahkan salah satu  menyumbang PAD  cukup signifikan adalah  sektor perhotelan dan restoran.  DPRD Balikpapan juga siap mendukung berbagai program PHRI dalam meningkatkan potensi bidang perhotelan dan pariwisata di Balikpapan.(Adv)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023