Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sido Mulyo, Desa Gunung Mulia, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara yang memiliki unit desa wisata sawah terpilih mengikuti lomba BUMDes tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2023.

"BUMDes Sido Mulyo Desa Gunung Mulia terpilih untuk ikut lomba BUMDes tingkat provinsi," ujar Kepala Seksi Pendataan dan Pengembangan Informasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara Sutiyasih di Penajam, Rabu.

Penilaian dan verifikasi peserta lomba BUMDes itu dilakukan langsung tim dari DPMPD Provinsi Kalimantan Timur dengan sejumlah kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi.

"Kami harap kekurangan dari penilaian dan verifikasi tim bisa segera diperbaiki dan menjadi juara," kata Sunarso.

"BUMDes Sido Mulyo diharapkan dapat lolos mengikuti lomba BUMDes 2023 tingkat provinsi hingga nasional," tambahnya.

Sunarso menindaklanjuti arahan dari tim penilai untuk melakukan perbaikan laporan keuangan dan lainnya, sesuai petunjuk tim penilai lomba BUMDes tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Secara keseluruhan dokumen sudah lengkap, menurut perwakilan tim penilaian Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, Sumber Daya Alam, dan Teknologi Tepat Guna DPMPD Kalimantan Timur Elvis.

"Laporan keuangan harus disajikan secara terperinci berapa yang dikelola, kemudian penambahan aset dari modal awal sampai adanya kenaikan berapa persen," jelasnya.

Ia mengatakan kemajuan pengembangan modal BUMDes Sido Mulyo Desa Gunung Mulia yang telah mengalami peningkatan modal dari Rp150 juta menjadi Rp500 juta, mendapatkan apresiasi.

Peningkatan modal BUMDes Sido Mulyo cukup bagus, yang menjadi catatan adalah mengenai perbaikan laporan keuangan agar disusun bisa lebih jelas lagi, demikian Elvis.(Adv)

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023