Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Samarinda memberikan fasilitas layanan kunjungan warga binaan yang ramah bagi anak-anak, dengan menampilkan Cosplay Hero dan Anime.
 
"Layanan kunjungan istimewa ini sengaja diadakan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar bisa mengunjungi orang tuanya yang sedang menjalani proses pidana mengingat pada hari kerja mereka tidak memiliki kesempatan untuk berkunjung," kata Kepala Rutan Samarinda Jul Herry Siburian di Samarinda, Sabtu.
 
Menurutnya, layanan kunjungan ramah anak ini ditujukan untuk anak usia 0- 12 tahun, untuk mendapatkan layanan ini syaratnya mudah.
 
 "Syarat kunjungan anak ini mudah, cukup menunjukkan kartu keluarga atau kartu pelajar bagi yang masih bersekolah atau orang tua bisa mendampingi ketika berkunjung," terang Jul Herry.
 
Ia mengatakan kunjungan ramah anak ini juga menjadi inovasi kami demi mempertemukan warga binaan kami dengan buah hati mereka, yang mungkin tidak pernah berjumpa bahkan ketika semenjak lahir.
 
"Ini momen yang pas buat mereka untuk melepas rindu," ucapnya
 
Suasana kunjungan ramah anak ini tampak spesial dan menarik karena Rutan Samarinda selain menghadirkan Cosplay Hero dan Anime, juga menampilkan robot-robot Transformers, sehingga membuat anak-anak yang berkunjung antusias ingin berfoto. 
 
"Anak-Anak terdengar histeris gembira ketika saya memasuki ruangan aula membawa balon- balon cantik berhiaskan lampu yang akan diberikan kepada anak-anak yang berkunjung, tampak suasana seketika langsung meriah dan anak-anak tampak riang,"  kata Karutan Jul Herry.
 
Salah satu pengunjung bernama Siti, melakukan pendaftaran mengharapkan agar kegiatan ini ke depannya akan terus diadakan agar ada hiburan bagi anak-anak kami yang ingin bertemu dengan orang tuanya di dalam tahanan.
 
"Saya sebagai orang tua sangat senang adanya kunjungan ramah anak ini," tuturnya.
 
Ia turut bahagia sebab anak-anak yang ingin membesuk orang tuanya di dalam merasa terhibur dengan adanya cosplay anime, robot-robot Transformers serta anak-anak diberikan balon-balon cantik yang membuat mereka merasa senang dan terhibur saat berkunjung.
 
Adi, salah seorang WBP, mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya kunjungan ramah anak ini sehingga bisa melepas kangen dengan buah hatinya yang masih duduk di bangku sekolah dasar. 
 
"Alhamdulillah, terima kasih telah memberikan layanan kunjungan ramah anak ini sehingga saya bisa melepas rindu dengan anak saya karena anak saya jarang menjenguk karena masih sekolah,” ucapnya.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023