Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Akhmed Reza Fachlevi optimistis sebelas atlet catur Benua Etam siap berlaga ke kota Bandung, Jawa Barat untuk mengikuti Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 25-30 November.
 
"Mereka akan berjuang untuk meraih tiket ke PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada 2024," ujar Reza di Samarinda, Rabu.

Reza yang juga Ketua Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim mengatakan 11 atlet itu terdiri dari lima atlet putra dan enam atlet putri.

Atlet-atlet putra akan menghadapi tujuh provinsi lain di zona play off, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Bali. Hanya dua provinsi terbaik yang akan lolos ke PON XXI.
 
Sedangkan atlet putri sudah memastikan diri tampil dalam PON XXI setelah meraih gelar juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur Putri 2023 di Surabaya. Mereka mengalahkan provinsi-provinsi unggulan seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.
 
Anggota legislatif daerah pemilihan Kutai Kartanegara itu menargetkan lima medali emas dari cabang catur dalam PON XXI. Dia optimistis target itu bisa tercapai karena Kaltim memiliki atlet-atlet berbakat dan berprestasi.

Baca juga: Reza dukung tim catur Kaltim berlaga di Kejurnas
 
"Target kami lima medali emas, karena kemarin kami bisa dapat dua medali emas untuk putri. Kami masih berharap hasil yang maksimal juga untuk atlet putra," ujarnya.
 
Reza mengapresiasi kinerja pelatih catur Kaltim Najahan Mustofa yang membina atlet-atlet catur Kaltim dengan baik. Pelatih diminta bisa terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada atlet-atletnya.
 
Pelatih catur Kaltim Najahan Mustofa mengaku siap menghadapi kompetisi Pra-PON dan PON XXI dengan komposisi atlet yang telah dibina dan tidak merasa terbebani target dari Ketua Pengprov Percasi Kaltim.
 
"Jika ketua bilang target lima emas, saya sebagai pelatih berusaha mewujudkan itu. Apalagi ketua kami adalah orang yang sangat optimistis," katanya.
 
Mustofa telah mempersiapkan strategi dan taktik sesuai karakteristik lawan-lawan yang akan dihadapi atlet-atletnya.

Dia juga meminta doa dan dukungan dari masyarakat Kaltim agar atlet-atlet catur provinsi itu bisa berprestasi pada tingkat nasional. (Adv/DPRD Kaltim)

Baca juga: Timnas catur fokus pelajari permainan lawan di SEA Games Hanoi

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023