DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) dua anggota DPRD Kaltim  yang diganti adalah Masykur Sarmian dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Puji Hartadi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sisa masa jabatan 2019-2024 di Gedung DPRD Kaltim, Samarinda, Rabu. 

 "Atas dasar usulan fraksi dan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, kami lakukan pelantikan PAW," kata Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji.
 
Ia mengatakan dalam pergantian komposisi DPRD Kaltim hari ini, katanya, Masykur Sarmian digantikan oleh Encik Wardani, sedangkan Puji Hartadi digantikan oleh Selamat Ari Wibowo. Keduanya merupakan calon legislatif (caleg) yang mendapat suara terbanyak kedua di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.
 
Seno Aji berharap kedua anggota DPRD Kaltim yang baru dilantik bisa lebih aktif menjalankan roda legislatif dan turun ke masyarakat.
 
Ia menyebutkan kedua anggota tersebut dari Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda. Kita berharap dua daerah tersebut dapat diwakili dan berdampak baik bagi legislatif.
 
Sementara anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PKS yang baru dilantik Encik Wardani mengatakan pelantikan dirinya adalah momen bersejarah  bagi dirinya dan partainya.
 
 "Semoga ini jadi kolaborasi efektif agenda saya untuk mendukung program positif Pemerintah Provinsi. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi dan untuk pemenangan PKS maupun yang lainnya," ucapnya.
 
Ia akan membawa banyak program untuk Samarinda, dapilnya, ia akan berkoordinasi dengan fraksi, program mana yang bisa dimaksimalkan untuk dievaluasi dan dikontribusikan lebih maksimal lagi.
 
"Salah satu isu yang menarik bagi Encik Wardani adalah bagaimana anak muda bisa mengelola aset daerah yang selama ini mungkin masih minim peran pemuda," katanya.
 
 Hal senada juga disampaikan Selamat Ari Wibowo, anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PKB  itu mengatakan tugas pertamanya adalah memperjuangkan aspirasi warga yang diwakili dari dapil masing-masing. 
 
"Jadi langkah selanjutnya kita akan memperjuangkan aspirasi warga yang kita wakili dari daerah pemilihan," ujarnya.
 
Selamat Ari Wibowo targetnya  adalah menarik anggaran provinsi untuk pembangunan desa sebagai bentuk pemerataan pembangunan.
 
 "Kalau tidak salah informasi, hari ini ada peraturan gubernur membatasi bantuan keuangan dari provinsi ke kabupaten/kota yang itu mengharuskan nilainya Rp2,5 miliar," paparnya.
 
Ia menambahkan  hal itu sangat sulit kalau mau diterapkan ke desa,  sementara program pembangunan desa sebagai bentuk pemerataan pembangunan jadi pembangunan bisa dinikmati tidak hanya daerah yang dekat dengan perkotaan tapi juga sampai ke desa-desa. (Adv/DPRD Kaltim).

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023