Nunukan (ANTARA Kaltim) - Logistik pemilu 2014 untuk dua kecamatan di perbatadan Indonesia dengan Malaysia diangkut dengan menggunakan pesawat.

Zulkarnaen, Kepala Sub Bagian Umum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan, di Nunukan, Rabu mengatakan logistik pemilu legislatif 2014 di Kabupaten Nunukan mulai didistribusikan dengan memprioritaskan daerah perbatasan langsung dengan Negeri Sarawak Malaysia.

"Sesuai dengan hasil pleno KPU Nunukan, pendistribusian logistik pemilu (2014) untuk wilayah Dapil III yakni Kecamatan Krayan dan Krayan Selatan," ungkap dia.

Zulkarnaen mengatakan pada 2 April 2014 ini pertama kali mendistribusikan ke dapil III karena pengangkutannya harus menggunakan pesawat MAP akibat kondisi geografis dan fotografisnya yang tidak dapat dijangkau dengan transportasi darat.

Selain itu, KPU Kabupaten Nunukan juga mendistribusikan logistik lebih awal karena situasi cuaca yang seringkali memburuk, kata dia.

Kesepakatan bersama dengan perusahaan penerbangan MAP, penerbangan logistik pemilu 2014 untuk kedua kecamatan tersebut akan dilakukan tiga kali penerbangan dan sampai 2 April 2014 baru dilakukan dua kali penerbangan.

Dalam waktu dekat ini, KPU setempat mengupayakan mengangkut logistik ketiga kalinya dan apabila belum dapat terangkut seluruhnya maka dapat tidak menutup kemungkinan akan dilakukan empat kali penerbangan (light).

Jenis logistik yang diangkut tersebut berupa surat suara, tinta, bilik dan kotak suara, formulir-formulir C, D dan DA atau semua perlengkapan yang dibutuhkan pada hari pemungutan suara, 9 April 2014.

Zulkarnaen mengungkapkan, setelah itu pihaknya juga akan mendistrubisikan perlengkapan pemilu 2014 ke wilayah Pulau Sebatik (dapil II), Kecamatan Sebuku dengan menggunakan kapal laut.

Pada 4 April 2014 nanti, KPU Kabupaten NUnukan akan mendistrubisikan logistik ke wilayah Kecamatan Seimenggaris (dapil III) dengan menggunakan kapal laut juga yang disewa khusus.

Jadwal pendistribusian logistik pemilu 2014 di Kabupaten Nunukan yakni 2-5 April 2014, ujar dia.

"Sampai hari ini belum menemukan adanya kendala pendistribusian logistik pemilu, tetapi berjalan dengan lancar," kata Zulkarnaen seraya mengharapkan proses pendistribusian logistik berlangsung sesuai jadwal yang telah direncanakan.   (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014