Balikpapan, (ANTARA Kaltim) -  PT Telkom Indonesia Tbk menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) kepada 67 warga Kota Balikpapan, Kalimantan Timur untuk kuartal pertama 2014 sebesar Rp2 miliar.

"Dana PKBL itu kami bagi untuk dua program, yakni sebesar Rp1,8 miliar untuk program kemitraan dan Rp229 juta untuk program bina lingkungan," Pejabat Operasional Harian Telkom Wilayah Telekomunikasi Kalimantan Timur Bagian Selatan (Witel Kaltimsel) Catoer Soeprasetiyo di Balikpapan, Kamis.

Menurut data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengan (Perindagkop dan UMKM) Balikpapan, Telkom memulai program kemitraan sejak 2002. Hingga 2013, Telkom sudah menyalurkan dana melalui program itu sebesar Rp29 miliar untuk 1.296 mitra binaan.

Program bina lingkungan dimulai sejak 2004 dan sampai 2013 PT Telkom sudah mengucurkan dana mencapai Rp2,4 miliar.

"Kami sudah berkomitmen untuk turut membina para pelaku usaha mikro dan kecil," kata Catoer Soeprasetiyo.

Dengan pembinaan yang dilakukan Telkom, penerima manfaat dapat mengelola keuangan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penyaluran dana ini juga bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain menyalurkan dana melalui program kemitraan, Telkom juga membantu gerakan lingkungan. Perusahaan tersebut kini banyak terlibat dalam upaya-upaya melestarikan alam dan lingkungan.

Di awal tahun 2014 misalnya, Telkom memelopori penanaman kembali pohon-pohon mangrove di Pantai Teritip bekerjasama dengan siswa-siswa SMAN 5 Balikpapan.

Sebelumnya, para siswa SMAN 5 terkenal dengan keberhasilan mereka menghijaukan kembali kawasan rawa bakau di sekitar sekolah mereka di Margomulyo, Balikpapan Barat, dengan pohon-pohon bakau (Rhizopora mucronata) dan berbagai jenis pohon-pohon mangrove lainnya. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014