Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya mengembangkan perpustakaan dan membudayakan kegemaran membaca di masyarakat, salah satunya dengan penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan di wilayah Kaltim.
 
"Penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan dilaksanakan hingga November 2023," kata Pustakawan Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Marthen Rumana di Samarinda, Kamis.
 
Ia menyebutkan, indikator penilaiannya antara lain peran pemerintah daerah dalam pembangunan perpustakaan dari aspek kegiatan apa yang dilakukan dalam rangka pembangunan perpustakaan dan pengembangan minat baca.
 
Kegiatan ini kata  Marthen Rumana dilaksanakan setiap tahun, namun tahun ini indikatornya lebih menekankan aspek kualitas di samping kuantitas.
 
 "Misalnya, bukan hanya melihat pembangunan gedung atau sarana, tetapi juga melihat kegiatan apa yang dilaksanakan untuk mendukung pengembangan perpustakaan, termasuk jumlah kunjungan dan konten yang disiapkan," katanya.
 
Lanjutnya sebagai contoh, perpustakaan Bontang yang mengadakan kursus penulisan atau lomba penulisan bisa meningkatkan literasi masyarakat.
 
 "Kegiatan seperti itu yang kita lihat, apakah bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat," tuturnya.
 
Ia menuturkan penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan di Kaltim akan diumumkan pada November 2023, dan puncaknya pada Januari saat ulang tahun Provinsi Kaltim. 
 
Marthen Rumana berharap kegiatan  tersebut bisa menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dan perpustakaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (Adv)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023