Pemerintah Provinsi Kaltim telah mempersiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan sebagai rujukan nasional dengan menyediakan layanan bedah jantung terbuka perdana.
 
“Kita patut bangga Kaltim kini memiliki layanan bedah jantung terbuka, bertempat di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo. Ini adalah prestasi yang luar biasa bagi daerah kita,” kata Isran Noor di Samarinda, Sabtu.
 
Menurut Isran, Kaltim adalah daerah yang strategis, sekarang menjadi wilayah ibu kota negara. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus menyiapkan infrastruktur dan fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk bisa memberikan dan melayani masyarakat.
 
“Saya sangat senang atas capaian salah satu rumah sakit milik daerah ini,” katanya.
 
Dikemukakannya, bahwa nantinya Kaltim akan memiliki dua rumah sakit rujukan nasional untuk bedah jantung terbuka yaitu RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda dan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.
 
Isran juga mendapat laporan bahwa RSUD Kanujoso Djatiwibowo bekerja sama dengan tim dari Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita (RSPJN-HK) telah melaksanakan operasi bedah jantung terbuka dengan menggunakan alat hybrid bedah jantung terbuka yang hanya ada di beberapa di Indonesia.
 
Operasi CABG Bypass Coroner berlangsung sekitar tiga setengah jam, dengan hasil operasi baik. Ini adalah langkah awal untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan jantung di Kaltim. 
 
"Semoga ke depannya bisa lebih banyak lagi pasien yang mendapatkan manfaat dari layanan ini,” tutupnya.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023