Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur memberikan kemudahan kepada para pencari kerja dan pelaku usaha dalam layanan informasi dengan menyediakan fasilitas khusus yakni Ruang Informasi dan Produktivitas (RINDU).

"Melalui RINDU, harapannya para pencari kerja dapat dengan mudah mengakses informasi terkait peluang kerja dan pengembangan produktivitas," terang Kepala Disnakertrans Kaltim, Rozani Erawadi di Samarinda, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya telah memperkenalkan ruang informasi tersebut saat peresmian Gedung Layanan Pengembangan Tenaga Kerja yang terletak di Kantor Disnakertrans Kaltim.

Ia mengajak masyarakat untuk datang langsung ke Kantor Disnakertras Katim, baik dalam keperluan mencari informasi pekerjaan maupun pengembangan usaha kecil menengah milik masyarakat.

"Dengan ruangan yang lebih representatif ini, kami berharap masyarakat merasa nyaman untuk mencari informasi yang diperlukan," jelasnya.

Baca juga: Pekerja konstruksi IKN akses layanan kesehatan gratis

Rozani menambahkan selain memperbaiki layanan informasi offline, pihaknya kembali mengaktifkan Bursa Kerja Online (BKOL), platform yang menghubungkan pencari kerja dengan peluang pekerjaan dari berbagai sektor.

"Melalui BKOL diharapkan terjalin koneksi yang lebih efektif antara pelamar kerja dan perusahaan," tambahnya.

Menurut Rozani berbagai kemudahan yang diberikan kepada masyarakat ini menunjukkan pihaknya punya komitmen dalam mengembangkan sektor tenaga kerja dan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi serta pembangunan wilayah.

" Target dan sasarannya sudah pasti mengurangi angka pengangguran serta menaikkan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Kemen-PUPR siapkan ratusan tenaga kerja Samarinda untuk IKN

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023