Jumlah pemilih dalam DPS (daftar pemilih sementara) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, sesuai hasil perbaikan data pemilih untuk Pemilu (pemilihan umum) 2024 berkurang 1.221 orang.

"Petugas sudah lakukan perbaikan dan tetapkan DPS melalui rapat pleno," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara Irwan Syahwana di Penajam, Rabu.

Perbaikan yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) dari rumah ke rumah tersebut, lanjut dia, untuk pemuktahiran data pemilih Pemilu 2024.

Setelah dilakukan perbaikan DPS yang semula berjumlah 135.560 pemilih, tercatat pemilih berkurang 1.221 orang sehingga jumlah pemilih sementara menjadi 134.339 orang.

"Jumlah DPS yang ditetapkan itu sudah termasuk jumlah pemilih pemula," ucapnya.

DPS hasil perbaikan yang telah ditetapkan mencatat pemilih di Kecamatan Penajam sebanyak 63.671 orang, Kecamatan Waru 14.493 orang, Kecamatan Babulu 27.768 orang dan 28.406 pemilih di Kecamatan Sepaku.

Ia menyebutkan berkurangnya pemilih sebanyak 1.221 orang tersebut karena nama yang sudah tercantum pada daftar pemilih sementara tidak ada di alamat yang diterima sebelumnya atau pindah domisili.

"Petugas juga temukan nama warga telah meninggal dunia, tetapi masih tercatat dalam daftar pemilih sementara," tambahnya.

Namun, kata dia, jumlah pemilih masih berpotensi mengalami pengurangan maupun penambahan dan akan diketahui setelah tahapan penyusunan DPT (daftar pemilih tetap).

Data pemilih bakal terhubung secara langsung (sinkron) dengan data kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Daftar pemilih sementara itu nantinya bisa bertambah atau berkurang setelah dilakukan perbaikan kembali dan ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap," ucap Irwan Syahwana.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023