Nunukan (ANTARA Kaltim) - Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon dan Bulan Menanam Nasional 2013 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dipusatkan di Kabupaten Nunukan.

Pejabat Gubernur Kalimantan Utara, Ir Irianto Lambrie di Nunukan, Kamis mengatakan, gerakan penanaman 1 miliar pohon ini merupakan program nasional yang harus ditindaklanjuti seluruh pemerintah di daerah.

Ia mengungkapkan, sebenarnya di wilayah Provinsi Kalimantan Utara ketersediaan hutan masih cukup luas namun setiap hari juga menjadi sasaran penebangan bagi perusahaan yang memiliki izin usaha kehutanan.

Irianto Lambrie yang hadir bersama sejumlah pejabat provinsi termuda di Indonesia di Kabupaten Nunukan, menyatakan, keberadaan pohon bagi masyarakat sangat besar manfaatnya sehingga dengan adanya program penanaman 1 miliar pohon ini dapat mengantisipasi semakin berkurangnya lahan hutan di daerah itu.

"Keberadaan pohon sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat, makanya dengan gerakan penanaman 1 miliar pohon ini dapat direalisasikan secara maksimal," ujar dia.

Ia mengajak kepada seluruh pemerintah daerah di wilayahnya agar benar-benar dapat melaksanakan gerakan penanaman 1 miliar pohon dan bulan menanam nasional ini dalam rangka mengantisipasi semakin berkurangnya hutan di Provinsi Kaltara.

Pada kesempatan itu Kepala dinas Perikanan dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara, Ahmad Bey Yasin mengungkapkan, penanaman 1 miliar pohon ini dapat membangun ekosistem hutan sesuai arahan Menteri Kehutanan RI.

Ia mengemukakan, jenis pohon yang ditanam harus tepat yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang berdampak pada kecukupan air bersih, ketahanan pangan da ketahanan energi terbarukan.

Oleh karena itu, lanjut Kadis Perikanan dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara ini, pelaku penanam pohon terlebih dahulu berkonsultasi dengan penyuluhnya terkait dengan jenis pohon yang tepat agar tidak berdampak pada kekeringan sumber mata air.

Penanaman 1 miliar pohon di pusatkan di hutan kota Kabupaten Nunukan yang terletak depan rumah jabatan bupati dimulai sekitar pukul 13.30 Wita, Pejabat Gubernur Provinsi Kalimantan Utara bersama sejumlah pejabat menanam berbagai jenis pohon yang telah disediakan.  (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013