PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan pasokan dan stok bahan bakar minyak (BBM) serta LPG di Kalimantan Timur cukup saat Hari Natal 25 Desember 2022 hingga Tahun Baru 1 Januari 2023.
 

“Kami tambah pasukan gasoline 2,9 persen lebih banyak dari hari biasa,” kata General Manager (GM) Patra Niaga M Taufiq Setyawan, Kamis. Gasoline adalah BBM jenis pertamax, pertalite, juga pertamax turbo.

Tambahan sebanyak 2,9 persen berarti total pasokan selama Natal dan Tahun Baru ini untuk Kaltim menjadi 2.103 kiloliter (KL) per hari dari 2.044 KL di luar Natal dan Tahun Baru.

Patra Niaga juga menambah pasokan BBM jenis gasoil, yaitu pertadex, dexlight, dan biosolar sebanyak 2,2 persen atau dari sebesar 809 KL per hari menjadi 827 KL per hari.

Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan stok lebih untuk gas alam cair alias Liquified Petroleum Gas atau LPG.

Selama Natal dan Tahun Baru disiapkan pasokan hingga 6,8 persen lebih banyak daripada di hari biasa, yang artinya dari 484 MT (Metric Ton) menjadi 517 MT perhari saat Natal dan Tahun Baru nanti.

Menurut Taufiq, penambahan pasokan itu sudah diperhitungkan dengan seksama, terutama berdasar pola konsumsi masyarakat yang cenderung meningkat di hari atau momen tertentu seperti hari libur dan hari perayaan agama.

“Kami perkirakan secara keseluruhan di regional Kalimantan selama Natal dan Tahun Baru, produk BBM jenis gasoline konsumsinya akan meningkat sebesar 5 persen dan BBM jenis gasoil akan naik sebesar 1,5 persen. Untuk kami LPG hitung akan naik sebesar 5 persen,“ ungkap Taufiq.

Untuk menyalurkan BBM dan LPG, Patra Niaga memiliki fasilitas Terminal BBM Terpadu Balikpapan dan Depot LPG Balikpapan di area Kilang Balikpapan, Terminal BBM Samarinda, Jobber (Join Operation, pengoperasian bersama dengan swasta) di Pendingin, Berau; dan fasilitas Ship to Ship (STS) Balikpapan—artinya siap berangkat kirim ke daerah yang memerlukan segera.

Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan juga telah mengaktifkan pos Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru sejak 15 Desember 2022 hingga nanti 8 Januari 2023.

Dari pos ini petugas mengawasi penyaluran serta kesiagaan stok di seluruh Terminal BBM, pompa bensin atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), SPPBE gas, dan agen LPG yang ada di regional Kalimantan.

Stasiun pengisian LPG di Depot LPG Balikpapan. (ANTARA/HO-Patra Niaga)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022